Pilpres 2024

[PILPRES] Dewan Kolonel versus Dewan Kopral, Kubu Banteng Terpecah?

Penentuan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) berada di tangan partai.

Editor: Roy Ratumakin
Kolase Tribun-Papua.com
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. 

TRIBUN-PAPUA.COM – Terbentuknya Dewan Kolonel yang diinisiasi oleh Fraksi PDI-P di Senayan guna mendongkrak elektabilitas Puan Maharani pun mendapat respon dari para simpatisan Ganjar Pranowo.

Diketahui, dari sisi elektabilitas, Ganjar Pranowo lebih tinggi ketimbang Puan Maharani yang diganda-gandakan bakal diusung PDI-P sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Tak tinggal diam, para simpatisan dari Gubernur Jawa Tengah tersebut pun membentuk Dewan Kopral guna menjaga elektabilitas dari Ganjar Pranowo.

Baca juga: Depak Ganjar Pranowo, PDI-P Gerilya Usung Cucu Soekarno?

Ketua relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania, Immanuel Ebenezer atau Noel yang menjadi penggagas Dewan Kopral menegaskan gerakan itu dibangun untuk menjadi pesaing Dewan Kolonel.

"Ya kita mah semangat saja. Ter-challenge saja dengan adanya Dewan Kolonel," kata Noel dikutip dari laman Kompas.com, Jumat (23/9/2022).

Diingati PDI-P

Ganjar Pranowo mendapat peringatan dari Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Ditemui di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (22/9/2022), ia mengaku Hasto menyampaikan Dewan Kolonel hanya merupakan candaan sejumlah kader PDI Perjuangan pendukung Puan Maharani.

"Saya minta semuanya bisa menahan diri. Tadi Pak Sekjen (Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto) sudah menyampaikan, itu hanya candaan-candaan. Jadi publik tidak perlu merespons," ujar Ganjar.

Baca juga: Ketua DPC PDIP Solo Sebut Dewan Kolonel Tak Bisa Dianggap Candaan Politik: Kelas Elite Kok Guyonan

Ganjar menyampaikan penentuan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) berada di tangan partai. Sebagai kader PDI Perjuangan, ia tak punya kewenangan untuk menentukan keputusan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved