Aksi Bela Lukas Enembe

Soal Kasus Lukas Enembe, Tokoh Agama: Pejabat Publik Punya Tanggung Jawab kepada Tuhan

Setiap agama mengajarkan untuk takut kepada Tuhan dalam menjalankan tanggung jawab untuk melayani masyarakat umum

Tribun-Papua.com/Calvin Louis Erari
Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Jayapura, Pdt Alberth Yoku saat diwawancarai Tribun-Papua.com, di Sentani, Jumat (09/06/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Tokoh Agama Papua, Alberth Yoku, merepons kasus korupsi yang menyeret Gubernur Papua Lukas Enembe.

Katanya, setiap agama mengajarkan untuk takut kepada Tuhan dalam menjalankan tanggung jawab untuk melayani masyarakat umum yang diwujudkan melalui janji dan sumpah jabatan berdasarkan agama masing-masing.

"Setiap orang yang mengambil sumpah jabatan di atas kitab suci berarti ada tangan Tuhan ikut dalam jabatan tersebut untuk melakukan tugas sebagai pejabat, Tuhan pasti tahu apa yang kita perbuat, artinya kita harus patuh pada peraturan dan perundangan yang berlaku dalam pemerintahan berbangsa dan bernegara," kata Albert.

Maka itu, persoalan hal yang dialami Lukas Enembe harusnya tetap dipertanggung jawabkan sesuai koridor hukum yang berlaku.

"Sebagai pejabat publik harus bersikap proaktif dan bertanggung jawabkan kepada penegak hukum, karena itu langkah terbaik," ujarnya.

Sebab menurutnya, hukum menjadi jalan pembuktian atas tuduhan yang sudah diketahui publik.

"Kalaupun benar, maka konsekuensinya juga harus dijalankan sebagai sikap bijak, dan membuktikan diri di ruang pengadilan sebagai tanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan. Artinya, hanya hukum yang dapat menempatkan kita dalam posisi benar dan salah," paparnya.

Baca juga: KPK Pertimbangkan Beri Izin Lukas Enembe untuk Berobat ke Singapura, Ini Syaratnya

Maka itu, tidak ada salahnya jika Lukas Enembe maju dengan berani untuk nyatakan kebenaran dan kejujuran, atas nama Tuhan.

"Hukum adalah panglima bagi setiap manusia. Majulah gubernurku, agar hukum dapat terlaksana dengan baik dan benar," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved