Kongres Masyarakat Adat

Festival Swamening di Genyem, Timothius Demetouw: Diharapkan ASN Ikut Meramaikan!

Menurutnya, pra event tersebut sangat unik dan tidak pernah terbayangkan bisa terjadi di daerah yang sangat jauh.

Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Suasana apel pagi di lingkungan Pemkab Jayapura, di Kantor Bupati Jayapura, Sentani, Senin 26 September 2022. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua, diharapkan agar dapat meluangkan waktu menghadiri penutupan Pra Event Kongres Masyarakat Adat VI (KMAN VI) yaitu Festival Swamening yang digelar di Berap, Genyem.

Hal itu disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Timothius J Demetouw saat memimpin apel pagi di lapangan upacara Gunung Merah, Kantor Bupati Jayapura, Provinsi Papua, Senin (26/9/2022).

"Terkait dengan Pra Event Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) yaitu Festival Swamening di Berap yang sudah dibuka oleh Bupati Jayapura pada Sabtu (24/9/2022) kemarin, dan ditutup pada hari ini maka itu kami harap semua ASN bisa hadir di sana untuk meramaikan festival tersebut," kata Timothius.

Menurutnya, pra event tersebut sangat unik dan tidak pernah terbayangkan bisa terjadi di daerah yang sangat jauh yaitu ke Berap dan dapat menarik perhatian seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura.

Sekadar diketahui, Festival Swamening digelar sejak Jumat (24/9/2022) kemarin selama tiga dan akan ditutup pada (26/9/2022) hari ini.

Festival yang digelar di Kampung Berap, Genyem, Kabupaten Jayapura itu dibuka oleh Bupati Mathius Awoitauw.

Saat membuka Festival tersebut, Bupati Mathius Awoitauw mengatakan, festival tersebut sangatlah positif dan sukses.

"Ini suatu inisiatif yang luar biasa maka itu, kedepan festival ini harus dipertahankan dan harus digelar yang lebih hebat lagi daripada saat ini," kata Bupati Mathius.

Baca juga: Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif, ASN Pemkab Jayapura Diminta Genjot Program DMMD

Selain itu, menurut Bupati Mathius Awoitauw, festival tersebut juga merupakan kebanggan seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

"Memang masyarakat harus kreatif seperti ini, maka itu saya yakin, kedepan kegiatan ini akan menjadi produk yang luar biasa untuk masa depan masyarakat kampung nantinya," ujarnya.

Selain itu, Bupati Mathius Awoitauw menambahkan, festival Swamening bakal dihadirkan saat pergelaran Kongres Masyarakat Adat VI pada 24-30 Oktober 2022 nanti.

"Nanti kita bakal laksanakan perlombaan lagi dan yang terbaik akan ambil untuk ditampilkan saat KMAN VI," ujarnya.

Dia berharap, semua pihak baik itu pemerintah kampung, adat, gereja, dan masyarakat harus terus berkomitmen untuk melakukan kerja-kerja besar dalam meningkatkan event besar-besar lainnya.

Baca juga: ASN Pemkab Jayapura Diminta Persiapkan Diri Sambut Kongres Masyarakat Adat

Hal itu perlu dilakukan agar kedepan masyarakat adat tidak perlu berharap orang lain untuk sejahterah tetapi dari mereka sendiri mampu untuk membangun masa depan. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved