Papua Terkini

Tingkatkan SDM, Jurnalis Papua Kunjungi Kemenkominfo RI

"Program dan kegiatan ini untuk mengedepankan pengembangan dan peningkatan kualitas dan ketrampilan sumber daya manusia Indonesia."

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Direktur Informasi dan Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan Kemkominfo RI Bambang Gunawan beberkan Program dan kegiatan ini untuk mengedepankan pengembangan dan peningkatan kualitas dan ketrampilan sumber daya manusia Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAKARTA – Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan kunjungan jurnalis Papua, 25 sampai 30 September 2022 di Jakarta dan Jogyakarta.

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan Kemkominfo RI Bambang Gunawan mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari implementasi kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Program dan kegiatan ini untuk mengedepankan pengembangan dan peningkatan kualitas dan ketrampilan sumber daya manusia Indonesia," kata Bambang Gunawan, Senin (26/9/2022) di Jakarta.

Baca juga: Kemenkominfo Ingatkan Pers Jadi Pilar Demokrasi, Kualitas Perlu Dibangun

Bambang menjelaskan, dalam hal informasi dan komunikasi, Kementerian melibatkan pula jurnalis sebagai bagian dari insan Indonesia yang memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang.

"Jurnalis adalah tonggak demokrasi bahkan adalah poros yang menjaga keseimbangan penyelenggara negara lainnya, yaitu eksekutif, yudikatif, dan legislatif," ujarnya.

 

 

Kata Bambang, tantangannya adalah jurnalis wajib menghadirkan fakta sebagai informasi yang baik dan benar bagi masyarakat di era digital.

"Produksi pemberitaan oleh jurnalis dilakukan dengan serangkaian keahlian, ketrampilan, pengalaman, dan hati nurani di mana sebuah fakta perlu disampaikan serta merta atau menjaga agar masyarakat tidak bergejolak," ucapnya.

Baca juga: Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital Bagi UMKM di Sorong Papua Barat

Bambang berharap, kunjungan dan pertemuan jurnalis Papua dengan Pemerintah Pusat dan pelaku media massa di tingkat nasional dan lokal diharapkan dapat menjadi salah satu penyegaran dalam keseharian seorang jurnalis.

Sementara itu, Perwakilan Jurnalis Papua Eveerth Zacharias Joumilena mengapresiasi kegiatan peningkatan SDM jurnalis Papua ini.

"Saya sangat apresiasi kegiatan Kemenkominfo ini," katanya.

Eveerth mengatakan, momentum ini bisa rutin dilaksanakan, agar mengembangkan pemberitaan mengenai kesejahteraan di Papua. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved