Pemkot Jayapura

Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022 di Kota Jayapura Resmi Dibuka, Wujudkan Satu Data!

Regsosek harus terhubung dengan data ketenagakerjaan, dunia usaha secara keseluruhan, termasuk UMKM, dan tentunya hal-hal lain.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Penjabat Sekda Kota Jayapura, Robby Kepas Awi saat menghadiri dan sekaligus membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di Kota Jayapura, Papua, Kamis (29/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 resmi dibuka di Kota Jayapura, dalam mewujudkan satu data kependudukan di Indonesia.

Pantauan Tribun-Papua.com Kamis (29/9/2022), rakor tersebut secara resmi dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura, Robby Kepas Awi pada salah satu hotel di Kawasan Kotaraja, Distrik Abepura.

"Sebagai pilar utama reformasi sistem perlindungan sosial, Regsosek mendukung penuh komponen reformasi lainnya," sebut Robby kepada awak media, termasuk Tribun-Papua.com, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: ASN Pemkot Jayapura Ikuti Talent Scouting, Penelusuran Kader Potensial untuk Promosi Jabatan

Robby mengatakan komponen reformasi tersebut antara lain, adanya perlindungan sosial adaptif, integrasi berbagai program perlindungan sosial, dan digitalisasi penyaluran bantuan sosial.

"Dalam kondisi bencana dan kedaruratan misalnya, penduduk rentan harus cepat kita identifikasi dan bantu," sebutnya.

 

 

Dengan adanya data Regsosek, dapat mendukung proses identifikasi, sehingga bantuan yang tepat dapat disalurkan dengan metode tercepat.

"Masyarakat harus paham bahwa Regsosek ialah basis data yang perlu dimutakhirkan secara berkala, partisipasi aktif masyarakat dan pihak yang berkepentingan sangat penting dalam pembaruan data secara berkesinambungan," jelas Robby.

Robby mengatakan, terutama pada pemerintah daerah hingga desa dan kelurahan.

"Poin kedua, Regsosek adalah salah satu upaya pemerintah mewujudkan satu data kependudukan Indonesia, sehingga keterhubungan dengan berbagai basis data ini akan menciptakan sistem Regsosek yang berinteroperabilitas dan berfaedah tinggi," tandasnya.

Baca juga: Pemkot Jayapura Sidak Bapok di Sejumlah Pasar, Frans Pekey: Harga dan Stok Pangan Aman Terkendali

Lelaki bersuara lantang tersebut menyampaikan, pelaksanaan Regsosek ini merupakan buah dari perjuangan panjang yang telah dilakukan bersama.

"Perjuangan untuk meyakinkan para pimpinan tertinggi kita bahwa, ada suatu hal yang urgent atau mendesak supaya bangsa kita memiliki data sosial ekonomi di mana mencakup keseluruhan penduduk," paparnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved