Pemekaran Papua

Oktober 2022, Tiga Gubernur DOB Papua Dilantik

Ke depan, tim transisi akan kembali lagi ke Merauke guna mengevaluasi perkembangan persiapan peresmian dan pelantikan pj gubernur 3 provinsi baru.

Tribun-Papua.com/ Ida
Sekretaris Tim Pemekaran Provinsi Papua Selatan, Albert Rapami kepada sejumlah wartawan termasuk Tribun-Papua.com di Merauke, Kamis (29/9/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Peresmian 3 provinsi baru atau Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua sekaligus pelantikan penjabat (Pj) gubernur rencananya dilaksanakan pada minggu kedua Oktober 2022.

"Arahan dari tim transisi saat datang ke Merauke, minggu kedua Oktober 2022 untuk 3 provinsi baru diresmikan dan pelantikan penjabat gunlbernur. Tapi tergantung kesiapan kita didaerah," tutur Sekretaris Tim Pemekaran Provinsi Papua Selatan, Albert Rapami kepada sejumlah wartawan termasuk Tribun-Papua.com di Merauke, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: 3 DOB di Papua Segera Diresmikan, Kapolres Merauke Sebut Kapolda Sudah Ajukan Penambahan Personel

Dikatakan, 2 tim transisi yang dibentuk oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah datang meninjau kesiapan peresmian Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

Ke depan, tim transisi akan kembali lagi ke Merauke guna mengevaluasi perkembangan persiapan peresmian dan pelantikan penjabat gubernur 3 provinsi baru di Papua.

"Tim masih bolak balik, nanti terakhir akan datang tim transisi untuk mengevaluasi secara menyeluruh," lugasnya.

"Setelah itu mereka pulang ke Jakarta melaporkan ke Wamendagri untuk pelaksanaan kegiatan peresmian dan pelantikan penjabat gubernur," sambung Albert Rapami.

Baca juga: DOB di Papua, Personel Polri Ditambah, AKBP Sandi Sultan: Sudah Diajukan Kapolda

Untuk tempat pelaksanaan peresmian 3 DOB di Papua, kata Dia, sampai saat ini belum ada arahan resni karena tim transisi masih mengevaluasi 3 provinsi baru beserta pelantikan penjabat gubernur.

"Kalau arahan bupati sudah jelas untuk infrastruktur Pemerintah Provinsi Papua Selatan mulai dari kantor penjabat gubernur, kantor setda, beberapa gedung untuk kantor dan rumah jabatan sudah siap," tandas Albert Rapami. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved