Info Jayapura

Lapas Kelas IIA Abepura Kota Jayapura Gelar Sosialisasi dan Simulasi Cegah Kebakaran

Simulasi dilakukan mengingat pernah terjadinya kebakaran di Lapas Kelas IIA Abepura beberapa tahun lalu

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com
SIMULASI - Lapas Kelas IIA Abepura, bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jayapura melakukan sosialisasi antisipasi kebakaran dan simulasi di halaman Kantor Lapas Kelas IIA Abepura, Jumat (30/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Lapas Kelas IIA Abepura, menggandeng Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jayapura melakukan sosialisasi antisipasi kebakaran dan simulasi.

Pantauan Tribun-Papua.com di Abepura Jumat (30/9/2022), sosialisasi antisipasi kebakaran dan simulasi tersebut, berlangsung di halaman Kantor Lapas Kelas IIA Abepura, sekira pukul 09.00 WIT.

Baca juga: Damkar Kota Jayapura Turunkan 4 Unit Mobil Padamkan Api di Perumahan Kodam Cenderawasih

"Sosialisasi antisipasi kebakaran dan simulasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) perlu dilakukan, mengingat pernah terjadinya kebakaran di Lapas Kelas IIA Abepura beberapa tahun lalu," sebut Kepala Lapas (Kalapas) Sulistyo Wibowo, kepada Tribun-Papua.com di ruang kerjanya, Jumat (30/9/2022).

Lebih lanjut, Sulistyo mengatakan api kecil menjadi kebutuhan dan api besar menjadi musuh, oleh karena itu diakuinya masalah kebakaran tidak bisa diduga, makanya perlu namanya pencegahan.

"Dalam hal ini kami (Lapas Abepura) tidak bisa berjalan sendiri, kita perlu dukungan dari pihak Damkar Kota Jayapura untuk memberikan pengetahuan dan informasi terkait kiat-kiat menghadapi kebakaran," terangnya.

Dengan mengikuti sosialisasi, pihaknya berharap para petugas Lapas Kelas IIA Abepura dapat mempunyai nilai tambah pengetahun soal mengatasi persoalan yang muncul di lapangan, salah satunya terkait kebakaran.

"Karena kondisi dari pada Lapas sendiri itu sangat terbatas dalam hal sarana prasarana penunjang untuk menghadapi kebakaran," ujarnya.

Baca juga: Nilai Responsif, Damkar Kota Jayapura Beri Penghargaan kepada Tribun Papua

Lelaki murah senyum itu mengatakan, hingga saat ini memang pihaknya belum mendapat materi ataupun pengetahuan soal berbagai hal, misalnya kegunaan alat pemadam ringan, cara pakainya, dan melakukan komunikasi baik dengan instansi pendukung.

"Intinya kita harapkan adanya tambahan wawasan dan keterampilannya dalam mencegah sejak dini dan upaya-upaya yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran," lanjutnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Sulistyo mengatakan pihaknya sebagai penyelenggara menghadirkan seluruh petugas dari sisi administrasi maupun teknis sebagai peserta.

Baca juga: Damkar Kota Jayapura Turunkan 4 Unit Mobil Padamkan Api di Perumahan Kodam Cenderawasih

"Kami merasa memang sosialisasi dan pelatihan ini penting karena memberi penguatan, terhadap jajaran dalam hal pengawasan dan pengamanan," tandasnya.

Terutama dikatakannya dalam hal instalasi listrik, agar menghindari korsleting listrik yang bisa menyebabkan insiden kebakaran.

Ditanya soal tindak lanjut dari sosialisasi dan simulasi perdana itu, Sulistyo menyebutkan sinergitas yang dibangun akan semakin dipererat.

Baca juga: Kabid Damkar Kota Jayapura Harapkan Pemberitaan Tribun Papua Terus Mengedukasi Masyarakat 

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved