Hari kesaktian Pancasila di Papua

Pesan Wabup Jayapura saat Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Giri: Jangan Melupakan Sejarah

Momen Hari Kesaktian Pancasila ini betul-betul kita rasakan. Karena di dunia ini yang mempunyai konsep pancasila hanya negara Indonesia

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com
HARI KESAKTIAN PANCASILA - Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro bersama jajaran TNI, Polri dan para pejabat di wilayah Kabupaten Jayapura foto bersama usai melaksanakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Suasana khidmat mewarnai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar Pemkab Jayapura, Provinsi Papua di halaman Kantor Bupati Jayapura di Sentani, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Ratusan peserta upacara yang berasal dari pelajar, para ASN, TNI dan Polri di wilayah Bumi Kenambai-Umbai tampak serius mengikuti serluruh rangkaian upacara.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila Diperingati Setiap 1 Juni, Apa Bedanya dengan Hari Kesaktian Pancasila?

Termasuk menyimak amanat dari Pembina upacara yang dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro. Dia mengajak sekaligus berpesan kepada seluruh peserta upacara dan masyarakat di Kabupaten Jayapura agar tidak melupakan sejarah perjuangan para pahlawan di Indonesia.

Menurut Giri, berkat perjuangan panjang para pahlawan itulah, kita bisa menikmati kemerdekaan hingga saat ini.

Oleh karena itu, lanjut Giri, masyarakat di Kabupaten Jayapura harus terus bersyukur, karena pancasila mampu menyatukan seluruh perbedaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Giri Wijayantoro Abadikan Momen Terkahir Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Kabupaten Jayapura

"Momen Hari Kesaktian Pancasila ini betul-betul kita rasakan. Karena di dunia ini yang mempunyai konsep pancasila hanya negara Indonesia," kata Giri.

Dalam momen tersebut, Giri juga meminta seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura agar terus menciptakan kedamaian di Bumi Kenambai-umbai.

Baca juga: Wabup Giri Wijayantoro Sebut Perlindungan Masyarakat Adat Perlu Agar Tak Tergerus Modernisasi

Apalagi dalam waktu dekat ini Kabupaten Jayapura akan menjadi tuan rumah Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI).

“Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi penyemangat kita untuk menjaga ketertiban dan keamanan di Kabupaten Jayapura,” pintanya.

Masyarakat Kabupaten Jayapura harus buktikan bahwa bumi kenambai-umbai adalah tempat yang aman untuk seluruh masyarakat di Indonesia. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved