Info Jayapura

Pemuda Katolik Komda Papua Harus Menjadi Garda Terdepan Gereja dan Negara

Pemuda Katolik di Tanah Papua hadir untuk turut mengembangkan visi dan misi para misionaris dan juga kerinduan umat pribumi Papua itu dapat terwujud

Tribun-Papua.com
GARDA TERDEPAN - Organisasi Pemuda Katolik komda Provinsi Papua yang baru terpilih pada 17 september 2022 yang lalu diharapkan menjadi Garda terdepan bagi gereja dan negara. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Organisasi Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Papua yang baru terpilih pada 17 September 2022 yang lalu itu, diharapkan menjadi garda terdepan bagi gereja dan negara.

Hal itu dikatakan Kristian Maday yang merupakan tokoh Katolik Papua saat jumpa pers bersama wartawan, Minggu (2/10/2022) di Kampkey Abepura, Kota Jayapura. 

Baca juga: Ketua STFT Papua Minta Pemuda Katolik Peka dan Lantang Suarakan Kesejahteraan Masyarakat

"Pemuda Katolik di Tanah Papua hadir untuk turut mengembangkan visi dan misi para misionaris dan juga kerinduan umat pribumi Papua itu dapat terwujud," kata Kristian.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemuda Katolik harus benar-benar ada di dalam lingkup umat pribumi karena posisi umat sekarang terlihat banyak yang mengalirkan air mata, kelaparan dan penuh dengan hidup trauma dari dampak-dampak konflik dan isu isu hangat yang sedang terjadi di Papua. 

"Oleh karena itu saya berharap Pemuda Katolik harus hadir dan membawa wacana-wacana kontekstual yang ada di Tanah Papua,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjut Kristian, dirinya berharap agar pengurus pusat Komda Provinsi Papua, diharapkan membangun komunikasi yang baik antara pemuda tokoh-tokoh Katolik serta pemerintah baik di tingkat daerah Provinsi maupun di pusat juga disikapi secara serius. 

Baca juga: Ketua Pemuda Katolik, Alfonsa Minta Generasi Muda Jangan Lupa Sejarah Gereja Masuk Papua

"Gereja Katolik pribumi hadir bersama dengan Pemuda Katolik menjadi garda terdepan untuk gereja dan negara," ucap Kristian.

Sementara itu, sekretaris panitia pelantikan pengurus pemuda Katolik Komda Provinsi Papua Melkias Kedepa mengatakan, setelah pelantikan pengurus, nanti akan melakukan rapat kerja (Raker) dan masa orientasi.

"Terkait dengan pelantikan pengurus baru pemuda Katolik Komda Provinsi Papua, saya sebagai sekretaris panitia atau pelaksanaan pelantikan nanti akan ada beberapa kegiatan yang dibuat untuk masa orientasi dan raker," katanya. 

Baca juga: Pemuda Katolik Komisariat Cabang Mimika Bakal Rekrut Anggota, Jembris Wafom : Sempat Stagnan

Kata Melkias, kegiatan tersebut akan berlangsung setelah pelantikan pengurus pada 29 Oktober nanti. 

“Ia agenda selanjutnya masuk dengan masa orientasi dan raker yang akan  dihadiri oleh perwakilan komisarias cabang di daerah untuk itu nanti pengurus yang sudah masuk dalam struktur kepengurusan serva semua pengurus pemudah Katolik Komda  Provinsi Papua dan juga DPD bisa hadir di kegiatan tersebut setelah melakukan acara pelantikan,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved