Pemkot Jayapura

Pelatihan Petugas Regsosek 2022, Evert Merauje: Pendataan Penting untuk Turunkan Kemiskinan

Pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) sangat penting untuk program pemerintah, dalam menurunkan kemiskinan ekstrem di Kota Jayapura.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Asisten I Setda Kota Jayapura, Evert N Merauje saat menghadiri pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 pada salah satu hotel di Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Senin (3/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Asisten I Setda Kota Jayapura, Evert N Merauje menyampaikan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) sangat penting untuk program pemerintah, dalam menurunkan kemiskinan ekstrem di Kota Jayapura.

Hal itu disampaikannya dalam sambutannya pada pelatihan periode pertama petugas Regsosek yang diikuti Tribun-Papua.com di Distrik Heram, Senin (3/10/2022).

"Hari ini ada pelatihan dan penting sekali mudah-mudahan dikerjakan baik, dan akan dipakai tahun depan untuk menurunkan kemiskinan ekstrem yang berjumlah 13.000 lebih seperti yang diinfokan," terangnya.

Baca juga: Cuaca Kota Jayapura Hari Ini: Abepura sampai Distrik Jayapura Utara Diperkirakan Seharian Berawan

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada BPS Kota Jayapura dalam giat Regsosek ini, terlebih ke depan akan dilajukan pendataan soal jumlah OAP, dan jumlah orang asli Port Numbay dengan data dan indikator yang lebih baik.

"Data ini penting karena kita sedang dilanda isi-isu marginal, sehingga berguna digunakan pemerintah dalam memproteksi mereka (OAP)," tutur Evert.

 

 

Ia juga menekankan soal pentingnya data yang bersumber dari BPS, sebab data BPS digunakan oleh Bappeda, terutama bagi seluruh kepentingan pembangunan, sementara data Dukcapil lebih diperuntukkan untuk Pemilu.

"Oleh karena itu, jika kita dapatkan data kemiskinan ekstrem yang pasti, maka program pemerintah bisa lebih tepat sasaran," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Adriana Helena Carolina kepada Tribun-Papua.com mengatakan, pelatihan petugas Regsosek 2022 merupakan upaya mendukung pemerintah dalam penyampaian kebijakan.

"Terutama perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, sehingga kita bisa meningkatkan penyediaan data yang terpercaya dan berkualitas, guna penetapan sasaran program sosial yang akan datang," katanya.

Baca juga: Wujudkan Lingkungan Bersih, DLHK Kota Jayapura Imbau Warga Disiplin Buang Sampah ke TPS

Adriana mengatakan, BPS Kota Jayapura tentu melakukan rekrutmen petugas, untuk membantu pendataan dalam mencapai tujuan besar.

"Peserta yang terpilih untuk mengikuti pelatihan selama 2 hari, sebab itu diharapkan dapat mengambil kesempatan agar dapat memahami konsep dan belajar dengan baik, karena kalau di lapangan salah, maka program pemerintah juga akan menjadi salah," tandasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved