Kongres Masyarakat Adat

Kampung Homfolo Jayapura Siap Tampung 150 Peserta Kongres Masyarakat Adat

Fasilitas penginapan telah disiapkan Balai Kampung Homfolo, Kantor Kampung Adat yang baru dan yang lama, ruangan dari Puskesmas Pembantu (Pustu)

Penulis: Putri Nurjannah Kurita | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com
SAMBUT KONGRES - Suasana di Kampung Homfolo, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura saat ini siap menampung 150 tamu Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI di Kabupaten Jayapura. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Kepala Kampung Homfolo, Anderson Tokoro menyampaikan kesiapan kampungnya melengkapi fasilitas umum untuk peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI yang mampu menampung sekitar 150 orang.

Baca juga: Stok Ikan di Jayapura Dipastikan Aman saat Kongres Masyarakat Adat Nusantara

Ondofolo Rokhoro Kampung Homfolo, Anderson menjelaskan sejak awal direncanakan menerima 300 peserta, yang sama halnya dengan kampung-kampung lain di Kota dan Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

"Kami mencoba melengkapi, namun fasilitas yang ada tidak memadai," kata di Kampung Homfolo, Distrik Ebungfauw, Selasa (4/9/2022).

Anderson menjelaskan, fasilitas penginapan telah disiapkan Balai Kampung Homfolo, Kantor Kampung Adat yang baru dan yang lama, ruangan dari Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Balai Posyandu.

Sedangkan fasilitas penunjang lainnya seperti MCK, air, dermaga, dan lokasi sarasehan sedang masih dalam penanganan.

Menurutnya kendala yang dihadapi belum adanya dukungan anggaran dari panitia sehingga pihaknya masih menunggu dana tersebut terbayarkan, sehingga bisa melakukan persiapan lanjutan. 

"Ada infrastruktur lain yang kami kerjakan menggunakan anggaran kampung,” katanya.

Baca juga: Kearifan Masyarakat Kampung Yokiwa Papua Mencari Ikan Pakai Bukhere untuk Kongres Masyarakat Adat

Ondofolo Anderson berharap panitia lokal wilayah Kabupaten Jayapurta segera berkoodinasi dengan panitia di kampung untuk melihat dan mengerjakan fasilitas yang masih kurang dan segera dilengkapi.

Adapun lokasi sarasehan yang akan digelar lapangan terbuka dan akan dipasangi tenda, untuk memberikan kenyamanan para peserta.

“Kami berharap panitia yang menangani ini, segera berkoordinasi mengenai tenda dan kursi,” ujarnya. (*)  

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved