Kongres Masyarakat Adat

Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Nasional Tetapkan 10 Calon Sekjen AMAN

Abdon Nababan mengatakan kesepuluh nama calon Sekjen ini ditetapkan oleh Damannas guna menyediakan calon Sekjen AMAN yang sesuai dengan kriteria.

Tribun-Papua.com/Calvin Erari
ILUSTRASI - Kampung Dondai, Distrik Waibu bakal menjadi satu di antara lokasi sarasehan saat pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI di Kabupaten Jayapura, Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM,SENTANI – Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Nasional (DAMANNAS) menetapkan 10 kader terbaik AMAN sebagai calon Sekretaris Jenderal (Sekjen) periode 2022-2027 untuk dipilih dan disepakati di Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI (KMAN VI) yang akan digelar di Wilayah Adat Tabi, Jayapura, Papua pada 24-30 Oktober 2022.

Kesepuluh calon Sekjen AMAN tersebut adalah Rukka Sombolinggi, Mina Setra, Erasmus Cahyadi, Arifin Saleh, Sardi Razak, Riky Aprizal, Eustobio Rero Renggi, Rukmini Toheke, Abdi Akbar, dan Deff Tri.

Ketua DAMANNAS, Abdon Nababan mengatakan kesepuluh nama calon Sekjen ini ditetapkan oleh Damannas sesuai tugasnya menyediakan calon Sekjen AMAN yang sesuai dengan kriteria.

Baca juga: Momentum KMAN Diharapkan Beri Dampak Positif bagi Ekonomi Masyarakat

Menurutnya, penetapan sepuluh nama calon Sekjen AMAN ini telah sesuai mekanisme. Ia memastikan kesepuluh nama calon Sekjen AMAN yang akan dipilih di KMAN VI merupakan aspirasi dan usulan dari para pengurus dan anggota.

Kapabilitas dankapasitasnya telah memenuhi persyaratan yang diatur dalam Anggaran Dasar AMAN.

 

 

“Sepuluh nama calon Sekjen AMAN yang terpilih ini dinilai yang terbaik. Mereka memiliki kelayakan sesuai dengan persyarakatan yang ada di Anggaran Dasar,” katanya melalui siaran pers, Jumat (7/10/2022).

Abdon menerangkan sepuluh nama calon Sekjen AMAN tersebut ditetapkan oleh Damannas pada 12 September 2022. Damannas mengumumkan sepuluh nama calon Sekjen ini lebihbcepat dari jadwal KMAN VI supaya ada waktu untuk para peserta Kongres mendalami nama-nama calon Sekjen tersebut.

“Ada waktu sebulan lebih bagi peserta KMAN VI untuk mendalami nama-nama calon Sekjen,” kata Abdon.

Baca juga: KNPI Kabupaten Jayapura Ajak Pemuda Jaga Kamtibmas jelang KMAN VI

Abdon menjelaskan penetapan sepuluh calon Sekjen AMAN diawali dari proses penjaringan sejumlah nama yang diusulkan oleh Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah, bahkan ada juga dari anggota organisasi sayap dan Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN).

Kesepuluh nama tersebut diteliti oleh tim penjaringan, diantaranya menyangkut asal usul, sudah bekerja tiga tahun dengan gerakan Masyarakat Adat.

Hasil dari tim penjaringan ini kemudian dibawa ke Damannas untuk diperiksa dan diputuskan menjadi sepuluh orang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved