Kongres Masyarakat Adat

Giri Wijayantoro Sebut Kongres Masyarakat Adat Nusantara Bakal Berjalan Aman: Berkaca dari PON XX

Agenda KMAN VI Pagelaran Seni Budaya Masyarakat Adat, akan diadakan selama berlangsungnya KMAN VI

Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro menyatakan optimismenya pada penyelenggaraan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI berkaca dari suksesnya Pekan Olahraga Nasional XX (PON XX) pada 2021 lalu. 

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro menyatakan optimismenya pada penyelenggaraan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI berkaca dari suksesnya Pekan Olahraga Nasional XX (PON XX) pada 2021 lalu.

Adapun PON XX menjadi satu prestasi dan sukses untuk Tanah Papua. Giri menjelaskan Papua yang cinta damai, melihat kembali pertandingan olahraga bergengsi tanah air itu, bisa dibilang sukses.

Menurutnya setelah kembali ke daerah masing-masing, mereka (atlet) menyadari situasi Papua tidak seperti yang diberitakan.

Baca juga: Diskominfo Pemkab Jayapura Hadirkan Podcast Baru Saat KMAN VI

Giri Wijayantoro mengemukakan keamanan di Kabupaten Jayapura jadi contoh di Papua, di mana tidak ada konflik.

"Membangun jiwa bangsa dapat dipupuk rasa kebersamaan, dan saling menghargai, kabupaten ini dapat menjadi rumah dan milik bersama,"ujarnya saat memberikan arahan dalam diskusi yang digelar Polres Jayapura bersama tokoh adat, masyarakat, dan agama di Sentani, Jumat (7/10/2022).

Dirinya tidak memungkiri beberapa kali terjadi aksi demonstrasi di Kabupaten Jayapura, menurutnya hal itu menjadi sebuah ujian pada sistem pemerintahan. Begitupun sebuah negara menjadi besar dan kuat karena diuji.

"Jangan lupa dan melawan sejarah. Hal kecil atau besar merupakan jadi tanggung jawab bersama,"katanya.

Baca juga: Momentum KMAN Diharapkan Beri Dampak Positif bagi Ekonomi Masyarakat

Sekadar informasi, Pagelaran Seni Budaya Masyarakat Adat, akan diadakan selama berlangsungnya KMAN VI dengan tujuan mempererat solidaritas dan persaudaraan.

Pameran Produk Masyarakat Adat Nusantara, berbagai pengetahuan dalam memproduksi produk-produk kerajinan dan mengembangkan ekonomi kreatif juga upaya untuk mendukung dan promosikan inisiatif serta kreativitas Masyarakat Adat Nusantara.

Media akan menampilkan berbagai informasi terkait situasi dan kisah-kisah penting tentang Masyarakat Adat yang terdokumentasikan dalam bentuk media cetak maupun audio-visual.

Agenda besar Masyarakat Adat Nusantara dan Mancanegara itu akan berlangsung di Wilayah Adat Tabi pada 24-30 Oktober 2022. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved