Breaking News:

Bantah PDIP Provokasi Jokowi untuk Keluarkan Nasdem dari Koalisi, Hasto: Reshuffle Itu Hak Presiden

Hasto membantah bahwa PDIP memprovokasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan perombakan atau reshuffle kabinet.

TRIBUNNEWS/FRANSISKUS ADHIYUDA
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto - Hasto membantah bahwa PDIP memprovokasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan perombakan atau reshuffle kabinet. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto merespons pernyataan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang menyinggung adanya desakan untuk mengeluarkan Nasdem dari partai politik (parpol) koalisi pemerintah.

Hasto membantah bahwa PDIP memprovokasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan reshuffle atau perombakan kabinet.

Ia mengatakan siapa saja berhak untuk berpendapat dan berasumsi karena Indonesia adalah negara demokrasi.

Baca juga: PDIP Sindir Nasdem soal Pencapresan Anies Baswedan, Pengamat: Sikap Ini Tidak Elegan

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani menggelar jumpa pers usai pertemuan di DPP Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (22/8/2022). Pertemuan antara jajaran PDIP dan Nasdem merupakan silaturahmi antara dua partai politik.
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani menggelar jumpa pers usai pertemuan di DPP Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (22/8/2022). Pertemuan antara jajaran PDIP dan Nasdem merupakan silaturahmi antara dua partai politik. ((KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO))

"PDIP tidak pernah memprovokasi presiden," kata Hasto di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Di sisi lain, Hasto menegaskan bahwa PDIP menyerahkan sepenuhnya soal reshuffle kepada Presiden Jokowi.

Pasalnya, dia berpandangan keputusan merombak kabinet adalah hak prerogatif seorang presiden.

"Sekali lagi, kalau berhubungan dengan kabinet itu haknya pak presiden. Keputusan berada di tangan Pak Jokowi dengan penuh hikmat kebijaksanaan mengambil keputusan terbaik bagi bangsa dan negara," ungkap Hasto.

Baca juga: Usung Anies, Nasdem Tak Khawatir Kadernya Direshuffle: Kami Setia sampai Akhir Masa Jabatan Jokowi

Sebelumnya diberitakan, Surya Paloh menyinggung adanya desakan untuk mengeluarkan Partai Nasdem dari parpol koalisi pemerintah.

Hal itu diungkapkannya dalam peluncuran Nasdem Memanggil di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Senin (17/10/2022).

Namun, Paloh menegaskan pihaknya tak ragu memperjuangkan keputusan yang telah diambil.

“Tapi saudara-saudara itulah Partai Nasdem, sekali layar terkembang, surut kita untuk pulang,” kata Paloh.

Ia pun mengatakan, Partai Nasdem bakal terus bersama pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sampai masa jabatannya berakhir di 2024.

(Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Singgung Ucapan Surya Paloh, Hasto: PDIP Tak Pernah Provokasi Presiden Keluarkan Nasdem

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved