Kongres Masyarakat Adat

Peserta KMAN Mulai Berdatangan di Papua, Registrasi di Puspenka Sentani

Peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) mulai berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia.

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
Peserta KMAN dari Kabupaten Raja Ampat, Sorong, Papua Barat saat melakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus registrasi di Puspenka Hawai, Kabupaten Jayapura, Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI – Peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) mulai berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia.

Data yang dihimpun Tribun-Papua.com, peserta yang datang pada Kamis (20/10/2022) dengan menggunakan kapal laut yaitu Sulawesi Utara 41 orang, Sulawesi Tengah, 76 orang, Maluku Utara 18 orang, Papua Barat 275 orang, dan Banten Kidul 2 orang. Total peserta yang datang 412 orang.

Sekretaris Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI (KMAN VI) Kabupaten Jayapura, Septer Manufandu mengatakan, pada Minggu (9/1/2022), peserta yang datang melalui Bandar Udara Sentani langsung diarahkan untuk registrasi di Sekretariat KMAN VI, Stadion Barnabas Youwe, Sentani.

Baca juga: Pembukaan KMAN, Ini 3 Agenda Presiden Jokowi di Jayapura Papua

Sedangkan peserta yang datang menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Jayapura bakal melakukan registrasi di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Papua di Kotaraja.

Namun setelah dikonfirmasi kembali melalui pesan WhatsApp, Septer menyampaika peserta kongres yang datang melakukan registrasi di Pusat Pemberdayaan Kader (Puspenka), Hawai, Sentani.

 

 

Pantauan Tribun-Papua.com, saat ini beberapa peserta yang sedang melakukan registrasi dari Kabupaten Raja Ampat, Sorong, Papua Barat yang tiba sekitar pukul 11.00 WIT menggunakan pesawat udara. Peserta yang datang langsung melakukan registrasi.

Baca juga: Pemkab Jayapura Pastikan Kesiapan KMAN VI Capai 100 Persen

Peserta akan menginap di Puspenka hingga Minggu (24/10/2022) lalu mengikuti pembukaan di Stadion Barnabas Youwe (SBY) kemudian menuju ke kampung-kampung ya g dijadwalkan sebagai tempat lokasi sarasehan.

"LPMP untuk Kota jayapura dan Kabupaten Jayapura di Puspenka," katanya.

Sebanyak 12 kampung yang jadi lokasi sarasehan diantaranya kampung di Kota Jayapura, Enggros dan Kampung Kayu Pulo dan Metu Debi di Kota Jayapura.

Kampung Yakonde, Dondai, Netar, Ayapo, Hobong, Bambar, Sereh, Homfolo, Putali, dan Yokiwa di Kabupaten Jayapura. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved