Kongres Masyarakat Adat

Bupati Jayapura Bersama 1.426 Komunitas Masyarakat Adat Ikuti Rapat Pleno Pengesahan Qourum KMAN VI

Tujuan KMAN VI lainnya adalah memilih dan menetapkan sekretaris jenderal AMAN 2022 hingga 2027, serta menetapkan anggota AMAN.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
KMAN VI – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat menghadiri rapat pleno pengesahan qourum KMAN VI bersama 1.426 peserta di Stadion Barnabas Youwe (SBY), Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (27/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw bersama 1.426 peserta dari komunitas masyarakat adat Kongres ke-VI Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) mengikuti rapat pleno pengesahan qourum KMAN VI di Stadion Barnabas Youwe (SBY), Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua

Pantauan Tribun-Papua.com Kamis (27/10/2022), acara tersebut dimulai pukul 10.28 WIT dengan membacakan draft tata tertib dari bab I sampai bab X, untuk pengesahan dan rapat pengesahan qourum KMAN VI. 

Dalam draft tata tertib tersebut, pada bab II disebutkan dasar dan tujuan penyelenggaraan KMAN VI, yaitu menetapkan dan mengubah anggaran dasar, merumuskan dan menetapkan garis-garis besar program kerja AMAN, dan menetapkan serta mengukuhkan anggota-anggota dewan AMAN periode 2022 hingga 2027. 

Baca juga: Monumen KMAN VI Papua Jadi Bukti Masyarakat Adat Masih Ada Untuk Indonesia

Kemudian, tujuan KMAN VI lainnya adalah memilih dan menetapkan sekretaris jenderal AMAN 2022 hingga 2027, serta menetapkan anggota AMAN.

Lalu, membuat dan menetapkan pandangan dasar serta sikap politik AMAN, juga bertujuan menetapkan beberapa lokasi sebagai calon tempat penyelenggaraan KMAN berikutnya. 

Adapun yang mengambil posisi sebagai pimpinan sidang yaitu Mahir Takaka dari region Sulawesi Tanah Luwu, sekaligus Wakil Sekretaris Dewan AMAN Nasional.

Dalam sambutan singkatnya Ketua Umum Panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI, Mathius Awoitauw menyampaikan selamat mengikuti rapat pleno untuk nantinya menemukan pemimpin AMAN yang tepat.

"Kita semua yang datang ini dari semua daerah dan suku-suku di Nusantara, untuk itu dalam memberikan pendapat, marilah kita sama-sama saling menghargai satu sama lain, karena kita ini semuanya saudara," katanya singkat.

Baca juga: Bupati Mathius Awoitauw: KMAN VI di Papua Jadi Sejarah untuk Indonesia!

Sementara itu, Wakil Sekretaris Dewan AMAN Nasional, Mahir Tataka saat ditemui Tribun-Papua.com usai memimpin rapat pleno qourum mengatakan, saat ini para peserta di dalam pembahasan telah menyepakati qourum. 

"Artinya sesuai anggaran dasar pasal 28 AMAN, bahwa kongres harus diikuti oleh setengah dari jumlah total, ditambah 1 anggota, dan yang hadir hari ini ada 1.426 dari total peserta KMAN VI yaitu 2.449 orang," tandasnya. 

Kemudian, ia mengatakan pengesahan tata tertib dalam rapat pleno KMAN VI ini penting karena akan menjadi acuan bagi penyelenggaraan kongres, karena akan mengatur soal kelancaran proses. 

"Termasuk masalah tata waktu, agenda kegiatan, misi, maupun sidang pleno sampai pada pemilihan pengurus besar pimpinan AMAN, yaitu dewan adat nasional dan sektretaris jenderal," katanya.

Baca juga: Pleno KMAN VI Sempat Memanas, Mathius Awoitauw Tenangkan Peserta

Lelaki murah senyum itu menjelaskan, pelaksanaan rapat pleno KMAN VI akan diadakan selama 3 hari mulai Kamis, 27 Oktober hingga Sabtu, 29 Oktober 2022. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved