Korupsi di Papua

Berhasil Temui Lukas Enembe, Bagaimana dengan Ricky Ham Pagawak: KPK Tebang Pilih?

KPK dapat mengerahkan aparat keamanan untuk menangkap Ricky Ham Pagawak yang kini jadi buron lembaga antirasuah tersebut.

Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
Gubernur Papua, Lukas Enembe, saat diperiksa oleh KPK di rumah pribadinya di Koya Tengah, Kota Jayapura, Papua, Kamis (3/11/2022) kemarin. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menemui tersangka dugaan suap dan gratifikasi Lukas Enembe di kediamannya.

Diketahui, Ketua KPK Firli Bahuri bersama timnya menemui Lukas Enembe di kediamannya di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Kamis (3/11/2022).

Dalam pemeriksaan tersebut, kata Firli, Lukas Enembe cukup kooperatif menjawab pertanyaan dari penyidik KPK.

Baca juga: Ketua KPK Firli Hadir Saat Pemeriksaan Lukas Enembe. ICW: Itu Lelucon yang Mengundang Tawa

Lantas, bagaimana nasib tersang lainnya yaitu Ricky Ham Pagawak yang diketahui melarikan diri ke Papua Nugini?

Tokoh Agama Papua, Ismail Asso pun merespon lambatnya KPK dalam memburu bupati non aktif tersebut.

 

 

Ismail pun berharap, KPK dapat mengerahkan aparat keamanan untuk menangkap Ricky Ham Pagawak yang kini jadi buron lembaga antirasuah tersebut.

"Kita ini punya Interpol, maka itu KPK harus kerahkan mereka, jangan buat seakan-akan aparat penegak hukum di Indonesia tidak mampu, untuk mengatasi pak Ricky," kata Ismail, kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Baca juga: Usai Periksa Lukas Enembe, Ini Rencana KPK Selanjutnya!

Selain itu dia menyarankan agar Ricky Ham Pagawak dapat menyerahkan diri kepada KPK, agar persoalan hukum yang dialami Ricky dapat diselesaikan.

"Jika memang beliau merasa tidak melakukan kesalahan, alangkah baiknya menyerahkan diri, supaya semua persoalan selesai," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved