Lukas Enembe Diperiksa KPK

Kedatangan Firli Bahuri ke Rumah Pribadi Lukas Enembe Diapresiasi Tokoh Adat Papua

Kedatangan Firli ke rumah Lukas Enembe adalah tindakan yang luar biasa dan sebagai keajaiban yang sudah terjadi untuk Papua.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
DOK TIM HUKUM DAN ADVOKASI GUBERNUR PAPUA
Ketua KPK Firly Bahuri menyalami Gubernur Papua Lukas Enembe ketika hendak diperiksa di kediaman pribadi Lukas di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Kamis (3/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kedatangan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di rumah pribadi Gubernur Papua Lukas Enembe di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua mendapatkan pujian dari tokoh adat Papua, Ramses Wally.

Ramses mengatakan, kedatangan Firli ke rumah Lukas Enembe adalah tindakan yang luar biasa dan sebagai keajaiban yang sudah terjadi untuk Papua.

"Saya pikir yang dilakukan Ketua KPK, Firli untuk kepentingan negara," kata Ramses kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Sabtu (5/11/2022).

Baca juga: Berhasil Temui Lukas Enembe, Bagaimana dengan Ricky Ham Pagawak: KPK Tebang Pilih?

Menurut Ramses, saat ini publik sedang bertanya-tanya, kapan persoalan yang dialami Lukas Enembe selesai, namun dengan kehadiran Firli secara tidak langsung dapat menunjukan ada titik terang.

"Pada prinsipnya saya sangat berterimakasih karena KPK bisa langsung datang dan melihat kondisi Pak Lukas Enembe yang sebenarnya, bahwa masih dalam kondisi sakit," ujarnya.

Sebelumnya, Firli Bahuri ikut bersama tim penyidik KPK, dokter KPK, dan dokter independen Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah datang ke rumah Lukas di Koya Tengah, Kota Jayapura, Papua, Kamis (3/11/2022).

Kedatangan Firli bersama penyidik KPK untuk memeriksa Lukas Enembe, setelah dilakukannya pemeriksaan kesehatan oleh tim medis KPK.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan kehadiran Firli Bahuri ke rumah Lukas Enembe sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) KPK.

Baca juga: Kedatangan Firli Bahuri ke Rumah Lukas Enembe di Papua Tuai Polemik, Ini Tanggapan KPK

"Keikutsertaan pimpinan dalam kegiatan tersebut tentu dalam rangka pelaksanaan tugas pokok fungsi KPK sebagaimana undang-undang yang berlaku," kata Ali, Jumat (4/11/2022) kemarin.

Terlebih, lanjut Ali, pertemuan Firli-Lukas terjadi di tempat terbuka.

Pertemuan itu juga disaksikan langsung oleh berbagai pihak bahkan kemudian dipublikasikan kepada masyarakat.

"Itu semua dalam rangka pelaksanaan asas keterbukaan dan kami pastikan tetap memperhatikan berbagai ketentuan perundang-undangan yang berlaku termasuk soal kode etik bagi insan KPK," kata Ali.

Lantas, Ali turut menerangkan terkait kedatangan tim penyidik KPK ke rumah Lukas dalam rangka melakukan pemeriksaan perkara sekaligus kesehatan Gubernur Papua itu. 

Baca juga: Ketua KPK Firli Hadir Saat Pemeriksaan Lukas Enembe. ICW: Itu Lelucon yang Mengundang Tawa

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved