Papua Terkini

Ini Dampak Gerhana Bulan Total, BBMKG: Warga Pesisir Utara Papua Waspada Banjir Rob

Hasil pemantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir utara Papua

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Potret kawasan pesisir Kota Jayapura dengan bulan purnama di waktu malam, BBMKG Wilayah V Jayapura turut memberikan imbauan potensi banjir rob akibat bulan purnama bersamaa gerhana bulan total, Selasa (8/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura mengeluarkan imbauan, bagi warga pesisir terhadap potensi banjir rob, akibat dampak bulan purnama dan gerhana bulan total 8 November 2022.

Hal itu disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Dok II Jayapura, Heri Purnomo dalam rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Selasa (8/11/2022).

"Adanya fenomena bulan purnama bersamaan dengan gerhana bulan total pada 8 November 2022 ini, berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," katanya.

Baca juga: JANGAN KELEWATAN! Warga Papua Bisa Lihat Gerhana Bulan Total 8 November 2022 Ini  

Ia mengatakan, sesuai hasil pemantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir utara Papua.

Meski tak secara gamblang wilayah pesisir Utara Papua mana saja, tetapi Heri menuturkan banjir rob secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat.

 

 

"Misalnya masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas permukiman pesisir, tambak garam, dan perikanan darat," rincinya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut.

Baca juga: Niat dan Cara Shalat Gerhana Bulan, Berikut Tuntunan dan Contoh Khutbahnya

"Serta kami harapkan masyarakat memperhatikan update informasi cuaca maritim dari Stasiun Meteorologi Maritim Dok II Jayapura melalui kanal sosial media yang dimiliki," imbaunya.

Sekadar diketahui, gerhana bulan total terakhir di tahun 2022 bakal terjadi pada Selasa 8 November 2022 sekira pukul 18.00 waktu setempat.

Gerhana bulan total ini terjadi dan dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia, dan Papua termasuk daerah yang dapat mengamati seluruh rangkaian gerhana dari awal hingga akhir. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved