Euforia Piala Dunia 2022

Kisah Marc Klok Kenakan ‘Garuda’ dan Harapan Timnas Belanda: Berawal dari Email Tak Dikenal!

Ada cerita yang cukup unik di balik keputusan Marc Klok memilih Indonesia sebagai tempatnya untuk memulai semuanya dari awal lagi.

Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
Pemain timnas Indonesia, Marc Klok. 

TRIBUN-PAPUA.COM – Berawal dari email yang tidak di kenal, Marc Klok mendapatkan peluang untuk melanjutkan karir sepak bola di Indonesia.

Semenjak menerima email yang berisi tawaran untuk kemungkinannya bermain di Indonesia tersebut, dirinya memastikan bahwa tawaran tersebut benar adanya dan berdiskusi tentang kondisi sepak bola di Indonesia.

Ada cerita yang cukup unik di balik keputusan Marc Klok memilih Indonesia sebagai tempatnya untuk memulai semuanya dari awal lagi.

Baca juga: Ini Alasan Warga Papua Selalu Dukung Timnas Belanda

Saat itu Marc Klok berusia 23 tahun dan bermain di klub Skotlandia, Dundee FC. Klok menyampaikan kepada Direktur Olahraga Dundee FC saat itu bahwa dirinya tidak menikmati sepak bola lagi dan ingin berhenti bermain serta menghentikan kontraknya bersama Dundee FC.

Setelah menyelesaikan urusan adminitrasinya bersama Dundee FC, Marc Klok langsung terbang menuju Indonesia.

Di awal karir Marc Klok di Liga Indonesia berjalan penuh tantangan karena dirinya sendiri sejak kedatanganya di Indonesia memiliki ambisi yang cukup besar untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal mulai di dalam maupun luar lapangan.

Sehingga setelah beberapa tahun Klok bermain di Indonesia banyak dukungan muncul untuk Klok menjadi warga Indonesia dan bermain membela Timnas Indonesia.

Semenjak tawaran itu muncul dan akhirnya jadi kenyataan, Marc Klok merasa bangga bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia dan memiliki keyakinan besar bahwa Indonesia bisa berbicara banyak di beberapa kejuaraan dunia, turutama AFF Cup.

Baca juga: Jelang Piala Dunia Qatar 2022, Pedagang: Bendera Belanda Paling Dicari di Abepura 

Ketika berbicara tentang harapan nya untuk Timnas Indonesia, Marc Klok juga memiliki kenangan indah tentang negara asal nya, Belanda di edisi Piala Dunia 2014 dimana Belanda berhasil mencukur habis juara bertahan Spanyol dengan skor telak 5-1 dan menempati posisi ketiga di akhir kejuaraan Piala Dunia edisi ke-20 yang di adakan di negara Brazil tersebut.

Tinggal di pusat kota Amstedam, Marc Klok menjelaskan atmosfer luar biasa terjadi di setiap perhelatan Piala Dunia.

Hampir di semua wilayah Belanda merayakanya dengan gairah yang menajubkan. Meskipun Belanda terkenal sebagai spesialis juara kedua Marc Klok dan sebagian besar pendukung De Orenje tetap yakin timnas Belanda akan tampil baik. (*)

Sumber: FIFA

Sumber: Tribun Papua
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved