Polisi Tangkap Ketua KNPB

Akhirnya Polisi Bebaskan Ketua KNPB Wilayah Dogiyai Papua

Memang benar polisi menangkap saya. Setelah itu, saya dibawa ke kantor Polres Dogiyai. Beberapa jam kemudian, tangan saya diborgol

Foto Benny Goo for Tribun-Papua.com
DIBEBASKAN – Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, akhirnya ketua KNPB wilayah Dogiyai, Saugas Goo dibebaskan petugas kepolisian. Dia juga dijemput sejumlah tokoh pemuda wilayah Dogiyai. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, akhirnya polisi membebaskan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Dogiyai, Saugas Goo pada Rabu (23/11/2022).

Sebelumnya, petugas gabungan dari Polres Dogiyai dan Satgas Damai Cartenz mengamankan Saugas Goo yang saat itu sedang antre mengisi bensin di SPBU Moenamani, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah, Selasa (22/11/2022) sekira pukul 10.25 WIT.

Baca juga: Polisi Tangkap Ketua KNPB Wilayah Dogiyai Papua Tengah, Kabid Humas: Diduga Dalang Kerusuhan

Demi alasan untuk menjaga situasi agar tetap kondusif, akhirnya Saugas Goo dibawa ke Polres Nabire untuk menjalani serangkaian pemeriksaan terkait dugaan keterlibatannya dalam beberapa aksi di wilayah Dogiyai beberapa waktu belakangan ini.

Saat dihubungi Tribun-Papua.com, Saugas Goo mengatakan dan mengakui jika dirinya ditangkap jajaran kepolisian di wilayah Dogiyai, Provinsi Papua.

“Memang benar polisi menangkap saya. Setelah itu, saya dibawa ke kantor Polres Dogiyai. Beberapa jam kemudian, tangan saya diborgol dan mata saya ditutup. Lalu, atas perintah Kapolres, saya dibawa turun ke Nabire. Mata saya dibuka setelah saya di Polres,” kata Saugas Goo kepada Tribun-Papua.com, Kamis (24/11/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, selama dirinya ditahan untuk menjalani serangkaian proses pemeriksaan petugas, dirinya dalam keadaan baik-baik saja.

Baca juga: Ketua KNPB Dogiyai Digiring ke Nabire, SG Diduga Provokator Kericuhan yang Ditengarai Lakalantas

Termasuk dirinya juga sempat bermalam di ruang Reskrim untuk dimintai keterangan, hingga akhirnya dia dibebaskan.

Penangkapan Ketua KNPB wilayah Dogiyai, Saugas Goo mendapat perhatian dari tokoh pemuda Dogiyai, Benny Goo. Menurutnya, Saugas Goo ditahan untuk dimintai keterangan terkait sejumlah kejadian yang terjadi di Dogiyai beberapa waktu belakangan seperti pencurian, kebakaran hingga kecelakaan lalu lintas.

“Setelah kami datangi ke Polres Nabire dan kami Tanya, Saugas ditahan untuk dimintai keterangan sebagai saksi sejumlah kejadian di Dogiyai," kata Benny.

Baca juga: Ketua KNPB Dogiyai Diringkus, SG Diduga Provokasi Massa Bakar Rumah hingga Warga Mengungsi

Sementara itu, Anggota DPRD Dogiyai, Yusak Ernest Tebai menyayangkan sikap aparat yang kurang bijak dalam hal penangkapan terhadap Saugas Goo.

“Kami sangat sayangkan sikap aparat keamanan yang secara tidak bijak lakukan penangkapan terhadap Saugas Goo,” kata Tebai.

Ia meminta kepada Aparat Keamanan untuk ke depan harus sesuai dengan prosedur hukum yang benar.

Baca juga: Kerusuhan di Kabupaten Dogiyai Papua Tengah, Massa Bakar 106 Bangunan dan 32 Kendaraan

DPRD Dogiyai juga mempertanyakan, kenapa Saugas Goo harus dibawa ke Nabire? Sementara, proses pemeriksaan bisa dilakukan di Dogiyai.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, Ketua KNPB wilayah Dogiyai yang diamankan jajaran kepolisian itu diduga sebagai dalang dari insiden kerusuhan dan pembakaran yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah, Sabtu (12/11/2022) lalu.

Baca juga: Bupati Dogiyai Bereaksi Keras,Minta Pelaku Kasus Kecelakaan hingga Amuk Massa Ditindak Tegas

"Kami mengamankan Ketua KNPB Wilayah Dogiyai inisial SG untuk dimintai keterangan terkait kasus Laka Lantas berujung kerusuhan yang terjadi pada Sabtu (12/11) lalu," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menerangkan, SG ditangkap berdasarkan laporan yang diterima aparat Kepolisian.

Baca juga: Takut Jadi Sasaran Amuk Massa, 400 Warga Dogiyai Mengungsi ke Nabire Papua Tengah

Setelah mendapat laporan, anggota dipimpin Wakapolres Dogiyai dan tim Satgas Damai Cartenz bergerak ke TKP dan berhasil mengamankan SG kemudian dibawa ke Mapolres Dogiyai.

Demi menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Dogiyai, SG dibawa ke Kabupaten Nabire. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved