Pemkot Jayapura

Dispar Kota Jayapura Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya, Peserta Diajak ke Museum

Para peserta pelatihan pemandu wisata budaya berjumlah 40 orang dan berasal dari SMK jurusan pariwisata, Tan Month Port Numbay, serta komunitas.

Tribun-Papua.com/ Aldi
Salah satu kelompok peserta pelatihan pemandu wisata budaya (museum) tahun 2022 di Kota Jayapura, Papua, Kamis (24/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melaksanakan pelatihan pemandu wisata budaya, dan salah satu kegiatannya yakni belajar menjadi tour guide menuju museum.

Pantauan Tribun-Papua.com, Kamis (24/11/2022), kegiatan tersebut berlangsung sekira pukul 09.00 WIT pada salah satu hotel di Kota Jayapura, Papua.

Kegiatan tersebut digelar pada Rabu, 23 November hingga Jumat, 25 November 2022 dengan agenda pemberian materi dan praktek menjadi tour guide.

Pada hari pertama dan kedua dilakukan pemberian materi pengenalan pemandu wisata budaya bagi peserta, dan nantinya pada hari ketiga akan dilakukan kunjungan ke Museum Loka Budaya Uncen.

"Kegiatan pelatihan pemandu wisata budaya ini ditujukkan kepada peserta pemula yang akan menjadi pemandu wisata budaya khususnya museum," Kata Penanggung Jawab Kegiatan Pelatihan, Netty Kamawa.

Baca juga: Dispar Kota Jayapura Gagas Pelatihan Pemandu Outbound, Puluhan Orang Berpartisipasi

Netty menjelaskan, para peserta pelatihan pemandu wisata budaya berjumlah 40 orang dan berasal dari SMK jurusan pariwisata, juga dari Tan Month Port Numbay, serta beberapa komunitas kaitannya dengan pemandu wisata.

"Ada juga mahasiswa Jurusan Antropologi yang dilibatkan karena memang pelatihan ini terkait dengan pemandu wisata budaya," sebutnya.

Ditanya soal tujuan dilaksanakan pemandu wisata budaya, Netty mengatakan tujuannya agar meningkatkan minat anak muda di Kota Jayapura dalam berperan sebagai pemandu wisata budaya.

"Karena selama ini anak-anak muda di Kota Jayapura masih kurang minatnya menjadi tenaga pemanduan wisata atau tour guide," ujarnya.

Baca juga: Dispar Kota Jayapura Ajak Warga untuk Sadar Potensi Wisata dan Membuka Diri untuk Promosi

Sehingga dengan pelaksanaan pelatihan tersebut, diharapkan pihaknya memberikan peluang bagi calon pemandu wisata untuk mengembangkan minatnya.

"Serta dengan banyaknya guide lokal maka akan membantu mempromosikan budaya lokal di Kota Jayapura bagi wisatawan yang hadir," tandasnya.

Wanita murah senyum itu menambahkan, memang saat ini jaman sudah semakin canggih alias sudah ada proses digitalisasi, maka promosi bisa dilakukan lewat online tetapi juga bisa dengan tour guide.

"Saya harapkan para generasi muda di Kota Jayapura dapat lebih tertarik untuk melestarikan cagar budaya ataupun tempat-tempat wisata bernilai budaya," ujarnya.

Baca juga: Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia, Matias: Tobati Diharapkan Jadi Contoh

Untuk itu, ia mengajak generasi muda saat ini harus lebih aktif dan memanfaatkan peluang dan kesempatan dengan baik, salah satunya menjadi tour guide.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved