Info Papua Selatan

Puluhan Calon Mahasiswa Marind Papua Selatan Siap Diberangkatkan ke Amerika dan Rusia

Puluhan mahasiswa yang lolos seleksi dari Papua Language Institute (PLI) bakal diberangkatkan pada awal Desember 2022.

Editor: Roy Ratumakin
lensamerauke.com
Bupati Merauke, Romanus Mbaraka saat memalukan pertemuan dengan sejumlah calon mahasiswa yang bakal diberangkatkan ke Amerika Serikat dan Rusia dalam program yang diinisiasi oleh Pemkab Merauke bekerjasama dengan Papua Language Institute (PLI) yang berlangsung di auditorium Kantor Bupati Merauke, Sabtu (26/11/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Sebanyak 50 calon mahasiswa dari Marind, Merauke yang lolos seleksi bakal diberangkatkan ke Amerika dan Rusia untuk melanjutkan pendidikan.

Puluhan mahasiswa yang lolos seleksi dari Papua Language Institute (PLI) bakal diberangkatkan pada awal Desember 2022.

Diketahui, hasil seleksi tersebut berlangsung kurang lebih satu tahun. Hal ini dikatakan Ketua Panitia PLI, Qurinus Waimo.

Baca juga: Jaga Keamanan Pangan, Karantina Merauke Musnahkan Belasan Ton Daging Ayam Busuk

Dalam laporannya, Waimo mengatakan, dari total 147 calon mahasiswa S1 dan 40 calon mahasiswa S2 yang mengikuti proses seleksi hanya 43 calon mahasiswa S1 dan Tujuh calon mahasiswa S2 yang bakal diberangkatkan ke Amerika Serikat dan Rusia.

Dikatakan, 17 dari 43 calon mahasiswa S1 mendapatkan beasiswa penuh dari Pemprov Papua, sedangkan 23 orang lainnya mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Rusia dan biaya hidup ditanggung Pemerintah Kabupaten Merauke.

 

 

“Sementara Tiga orang calon mahasiswa mendapatkan beasiswa penuh dari Pemkab Merauke,” kata Waimo dikutip dari laman lensamerauke.com, Minggu (27/11/2022).

Untuk Tujuh calon mahasiswa S2, kata Waimo, Dua orang mendapatkan beasiswa dari LPDP RI untuk kualih di dalam negeri, Satu orang mendapat beasiswa dari Pemerintah Rusia dan biaya hidup ditanggung Pemerintah Kabupaten Merauke, sedangkan Empat orang lainnya mendapat beasiswa penuh dari Pemda Merauke.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Merauke Romanus Mbaraka berharap calon mahasiswa yang bakal diberangkatkan untuk tekun menuntut ilmu.

Baca juga: Pengisian Pejabat OPD, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo: Wajib Melalui Seleksi

“Kita ini anak orang miskin dan orang kecil. Hanya pendidikan yang membuat kita menjadi manusia,” kata Romanus saat pertemuan di auditorium kantor bupati, Sabtu (26/11/2022) dikutip dari laman suryapapua.com.

“Jadi saya minta ade-ade calon mahasiswa Marind yang akan kuliah ke sejumlah perguruan tinggi di Amerika Serikat dan Rusia, harus semangat,” sambungnya.

Bupati Romanus pun meminta calon mahasiswa menjaga kesehatan dengan baik. Karena ketika sudah berangkat dan berada di luar negeri, tak ada kata toleransi soal kesehatan.

Baca juga: Swiss-Belhotel Merauke Jadi Kantor Sementara Penjabat Gubernur Papua Selatan

“Jadi jaga pola makan, olahraga teratur dan tidur tepat waktu, khusus laki laki tak boleh merokok,” pintanya.

“Adik-adik ini bakal menjadi pengganti kami untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan ke depan, apalagi kita sudah menjadi provinsi sendiri sekarang,” tukasnya.’

Romanus pun berharap, para calon mahasiswa yang bakal diberangkatkan nantinya dapat membawa hasil yang memuaskan ketika selesai menempuh pendidikan.

“Saya mau diurus baik-baik, berapapun yang untuk pendidikan, saya bakal alokasikan,” tegas orang nomor satu di Kabupaten Merauke tersebut. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved