Kunker Wapres Maruf Amin ke Papua

Tak Ingin Kejadian di Bali Terulang di Papua, Ini Langkah Tegas Danrem Sembiring Saat Kunker Wapres

Sebanyak 3.000 personil gabungan TNI-Polri diturunkan untuk mengamankan kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ke Kota dan Kabupaten Jayapura.

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yathi, Brigjen TNI JO Sembiring. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Sebanyak 3.000 personil gabungan TNI-Polri diturunkan untuk mengamankan kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ke Kota dan Kabupaten Jayapura.

Orang nomor dua di indonesia ini dijadwalkan akan tiba pada Senin (28/11/2022) petang.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring selaku Komandan Satgas Pengamanan Wilayah Kunjungan Wapres mengatakan, 3.000 personil gabungan TNI-Polri diterjunkan untuk mengamankan kunjungan tamu VVIP ini.

Baca juga: Berkunjung ke Papua Selatan, Ini Agenda Wapres Ma’ruf Amin di Bumi Anim Ha

"Kemarin Minggu (27/11/2022) kami sudah lakukan apel gelar pasukan dalam rangka pengecekan pasukan yang akan melakukan pengamanan VVIP di setiap titik, termasuk pengecekan lokasi yang akan dikunjungi oleh Wapres," kata Sembiring kepada wartawan, Senin (28/11/2022) di Jayapura.

Menurut Sembiring, ini adalah kunjungan simbol negara dalam hal ini bapak Wakil Presiden, jadi pihaknya telah lakukan kroscek pasukan.

"Kami sudah cek kemudian kami bakal masuk pada posisi masing-masing yang telah ditentukan. Selanjutnya masing-masing unsur akan melakukan pengendalian dan pengawasan," ujarnya.

Sembiring berharap, semua pihak terutama para tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan semua warga yang ada di Kota maupun Kabupaten Jayapura, untuk bersama-sama menjaga kedamaian, ketentraman selama kunjungan Wakil Presiden di Papua.

"Mari kita tunjukkan bahwa kota ini penuh keramahan, kota ini penuh kedamaian karena setiap kunjungan VVIP pasti ada efek domino bagi masyarakat setempat," katanya.

Baca juga: Kawal Kedatangan Wapres Ma’ruf Amin di Papua Selatan, Kapolres: 400 Personel Siaga!

Sembiring juga menekankan kepada seluruh personil yang bertugas agar tetap mengantisipasi adanya pergerakan warga yang ingin menghambat kelancaran kegiatan kunjungan Wapres.

Kata Sembiring, pihaknya belajar dari peristiwa di Bali, seorang wanita berhasil menerobos pengamanan dan mendekati mobil Presiden.

"Memang masyarakat kita ini banyak yang antusias. Namun tetap saya sampaikan, kita lakukan langkah-langkah persuasif terhadap masyarakat yang akan menghambat kegiatan ini.”

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa bersama-sama memberikan contoh yang baik ke daerah lain sehingga kejadian di bali tidak terulang di Papua," tambah Danrem JO.

Ia menamnahkan, pada intinya jika tamu VVIP datang dan ada masyarakat kumpul, maka kita akan mewadahi. Kita berharap tidak ada yang main terobos. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved