Kunker Wapres Maruf Amin

Bertemu MRP dan DPRP, Wapres Ajak Penguatan Kolaborasi Majukan Kesejahteraan Papua

Wapres Ma'ruf mengatakan, untuk itu, diperlukan penguatan kolaborasi antarpemangku kepentingan dalam mendorong kemajuan kesejahteraan masyarakat Papua

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Dalam kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Bumi Cenderawasih tersebut, menyempatkan waktu audiens bersama DPRP dan Majelis Rakyat Papua (MRP). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Dalam kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Bumi Cenderawasih tersebut, menyempatkan waktu audiens bersama DPRP dan Majelis Rakyat Papua (MRP).

Dalam konferensi pers bersama wartawan, Selasa (29/11/2022) di Gedung Keuangan Negara (GKN) Jayapura, Wapres Ma'ruf mengatakan, pihaknya membahas berbagai masalah pasca adanya DOB dan Otsus yang baru.

"21 November 2022 yang lalu, Provinsi Papua baru saja memperingati Hari Otonomi Khusus (Otsus). Tanggal tersebut menandakan memasuki 21 tahun pelaksanaan Otonomi Khusus Papua," katanya.

Baca juga: Tiba di Merauke Papua Selatan, Ini Agenda Wapres Maruf Amin di Bumi Anim Ha

Wapres Ma'ruf mengatakan, untuk itu, diperlukan penguatan kolaborasi antarpemangku kepentingan dalam mendorong kemajuan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Saya mengajak semua pihak untuk memperkuat pola sinkronisasi, harmonisasi, dan koordinasi, di tingkat pusat, provinsi, juga kabupaten/kota, termasuk mengoptimalkan kemitraan dengan para pihak terkait lainnya,” ujarnya.

 

 

Dalam kesempatan tersebut, Wapres memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah beserta MRP dan DPRP yang telah mengelola perkembangan otsus dan mengharapkan peningkatan kinerja bersama di masa yang akan datang.

“Saya mengapresiasi Pemda Papua, DPRP, dan MRP, yang telah mengelola otsus dengan segala dinamikanya. Saya harap kinerja bersama ini dapat semakin ditingkatkan ke depan,” pesan Wapres.

Menurut Wapres, seluruh upaya yang dilakukan untuk menciptakan kedamaian dan inklusivitas bagi masyarakat Papua.

"Kita semua ingin mewujudkan Tanah Papua yang inklusif dan damai,” ucapnya.

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin Bakal Resmikan STC Timika di Papua Tengah

Sementara itu, menindaklanjuti adanya Daerah Otonom Baru (DOB) yang menghadirkan provinsi-provinsi baru di Papua, Wapres menekankan kehadiran provinsi baru tersebut menjadi game changer, yang mampu meningkatkan pembangunan dan kualitas publik di Papua.

“Kehadiran provinsi-provinsi baru ini agar disikapi sebagai game changer yang akan mengubah desain pembangunan dan pelayanan publik, sehingga lebih dekat ke akar rumput,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wapres mengajak masyarakat Papua untuk meningkatkan semangat dan niat dalam memberikan hasil yang optimal bagi pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Mari kita niatkan kita ingin memulai membangun Papua dengan semangat yang baru, tekad yang baru, desain baru, dan akan menghasilkan hasil yang optimal untuk Papua," ajaknya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved