Pemkot Jayapura

1 Desember Bukan Tanggal Keramat, Frans Pekey: Warga Jayapura Silahkan Beraktivitas Normal 

1 Desember bukanlah tanggal keramat dan harus ditakuti ataupun dirisaukan, tetapi merupakan hari yang biasa saja. 

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
1 DESEMBER DI PAPUA - Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey meminta masyarakat di ibu kota Provinsi Papua itu untuk beraktivitas seperti biasa, Kamis (1/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Menilai 1 Desember bukanlah tanggal keramat, Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey meminta warga di ibu kota Provinsi Papua itu agar beraktivitas normal seperti biasa. 

Hal tersebut disampaikan Frans saat dihubungi Tribun-Papua.com di Jayapura, Kamis (1/12/2022). 

"Pada 1 Desember 2022 ini, Pemkot Jayapura justru melakukan berbagai kegiatan menyongsong Natal, salah satunya Gerbang Natal di Taman Imbi," sebutnya. 

Baca juga: Update Cuaca Kota Jayapura: Awali Desember, Distrik Abepura akan Berawan dari Siang sampai Malam

Frans mengatakan ini menunjukkan bahwa 1 Desember bukanlah tanggal keramat dan harus ditakuti ataupun dirisaukan, tetapi merupakan hari yang biasa saja. 

"Jadi warga Kota Jayapura silahkan menjalankan tugas dan aktivitas, ekonomi dan sosial tetap berjalan seperti biasa," pintanya. 

 

 

 

Meski demikian, Frans mengatakan jikalau ada sebagian atau sekelompok orang yang ingin melakukan peringatan Hari Papua Barat, tentu sudah diantisipasi oleh aparat keamanan. 

"Itu sudah menjadi tugas TNI dan Polri untuk membantu mengamankan aktivitas-aktivitas yang berpotensi menimbulkan gangguan ketertiban dan keamanan," tandasnya. 

Dalam menciptakan rasa damai, terlebih memasuki momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) maka lebih banyak digiatkan kegiatan bertemakan keagamaan. 

Baca juga: Statistik Persipura di Liga 2, Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek Jadi Pencetak Gol Terbanyak

"Jadi kepada masyarakat, para orangtua, adik-adik mahasiswa, para pengusaha dan semuanya untuk memasuki Bulan Desember dengan penuh sukacita menyongsong kelahiran Juruselamat," tandasnya. 

Lelaki berkacamata tersebut mengingatkan kembali warganya, agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sekadar diketahui, 1 Desember setiap tahunnya kerap dikaitkan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) OPM yang diperingati dengan berbagai aksi demonstrasi yang cenderung menganggu keamanan di Papua.

Pada momen 1 Desember setiap tahunnya, aparat keamanan biasanya lebih intens melakukan penjagaan di berbagai ruas jalan, khususnya di Kota Jayapura. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved