Papua Terkini

Uskup Jayapura Yanuarius You Akan Ditahbiskan Duta Besar Vatikan pada 2 Februari 2023

Pentahbisan direncanakan di Jayapura, dan dipimpin oleh Nunsius Apostolik atau Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo.

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Pastor Yanuarius Teofilus Matopai You Pr akan ditahbiskan sebagai Uskup Jayapura pada 2 Februari 2023. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pastor Yanuarius Teofilus Matopai You Pr akan ditahbiskan sebagai Uskup Jayapura pada 2 Februari 2023.

Pentahbisan direncanakan di Jayapura, dan dipimpin oleh Nunsius Apostolik atau Duta Besar Takhta Suci Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo.

"Lokasi pentahbisan Uskup Jayapura masih diatur Panitia Pelaksana," kata Yanuarius ketika dikonfirmasi di Tribun-Papua.com, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Terpilihnya Pastor Yan You Jadi Uskup Jayapura, Tonggak Sejarah Baru Gereja Katolik di Tanah Papua

Menurutnya, pentahbisan akan dihadiri Kardinal dan Uskup Agung serta para Uskup, baik masih aktif maupun sudah pensiun dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada 29 Oktober 2022, pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus menunjuk Yanuarius Teofilus Matopai You, Pr menjadi Uskup Jayapura, meneruskan kepemimpinan Mgr Leo Laba Ladjar, OFM.

Pastor Yanuarius Teofilus Matopai You, Pr dalam suatu kesempatan. Kini, Paston Yan terpiluh sebagai Uskup Jayapura menggantikan Mgr Leo Laba Ladjar, OFM.
Pastor Yanuarius Teofilus Matopai You, Pr dalam suatu kesempatan. Kini, Paston Yan terpiluh sebagai Uskup Jayapura menggantikan Mgr Leo Laba Ladjar, OFM. (Istimewa)

Biodata Yanuaris Matopai You

Yanuarius Matopai You lahir di Kampung Uwebutu, Kabupaten Paniai, 1 Januari 1969.

Yanuarius adalah putra dari pasangan Lukas You dan Rosalina Tatogo.

Ia ditahbiskan menjadi Imam Projo Keuskupan Jayapura, 16 Juni 1991 oleh Uskup Jayapura, Mgr Herman Munninghoff, OFM di Nabire.

Baca juga: Dulu Ditentang Keluarga Sekolah Pastor, Kini Jadi Uskup Jayapura: Ini Sosok Pastor Yan You!

Sementara itu, wilayah Keuskupan Jayapura mencakup Provinsi Papua; Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi.

kemudian, seluruh daerah di Provinsi Papua Pegunungan; Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Nduga, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Yalimo. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved