Euforia Piala Dunia 2022

Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) Kunjungi Fans di Kampung Yoboi Papua

Tujuan utama KNVB yaitu mengenal banyak fans bukan hanya di Belanda tetapi di luar negeri. Satu diantaranya di Indonesia dan lebih spesifik di Kampung

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
Foto bersama Head of Internasional Strategy of Koninklijke Nederlanse Voetbalbond (KNVB) atau Direktur Strategi Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda, Ilja Dijkstra bersama Komunitas Papua Voor Holland Jayapura dan masyarakat di Kampung Yoboi, Kabupaten Jayapura, Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI – Head of Internasional Strategy of Koninklijke Nederlanse Voetbalbond (KNVB) atau Direktur Strategi Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda, Ilja Dijkstra bersama Komunitas Papua Voor Holland Jayapura mengunjungi Kampung Yoboi, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Dalam kunjungan tersebut rombongan menggunakan dua motor tempel dari Dermaga Yahim dengan menggunakan atribut orange menyebrangi Danau Sentani.

Ilja Dijkstra mengatakan, tujuan utama KNVB yaitu mengenal banyak fans bukan hanya di Belanda tetapi di luar negeri. Satu diantaranya di Indonesia dan lebih spesifik di Kampung Yoboi.

Baca juga: FAKTA Kemenangan Belanda dari Qatar di Piala Dunia 2022

Ilja menjelaskan, kunjungan tersebut karena banyak pendukung Tim Nasional (timnas) Belanda yang jauh dari Belanda, selain tugas KNVB untuk menjangkau fans seluas-luasnya.

"Saya kaget ada kampung yang jauh dari Belanda, mereka suka dan mendukung Belanda dengan segala bendera-bendera yang terpasang. Saya senang dan bakal menceritakan kunjungan ini ketika tiba di Belanda," kata Ilja kepada Tribun-Papua.com, Jumat (2/12/2022).

 

 

Ilja pun menyampaikan terimakasih kepada masyarakat di Kampung Yoboi untuk dukungannya kepada timnas Belanda.

Hal itu menjadi bukti sepakbola menyatukan dua negara dan orang-orang yang tidak saling mengenal.

"Agenda utama jika Belanda menang melawan Amerika saya ingin mengunjungi desa lainnya yang ada di Indonesia sebanyak mungkin untuk mendapatkan fans dan lebih banyak lagi," ujarnya.

Baca juga: Kisah Marc Klok Kenakan ‘Garuda’ dan Harapan Timnas Belanda: Berawal dari Email Tak Dikenal!

Perwakilan Komunitas Papua Voor Holland Jayapura, Steven Merauje mengatakan perwakilan KNVB memang sudah beberapa kali menyaksikan video maupun euforia penggemar Belanda sampai yang ada di Jayapura.

Kemudian memutuskan untuk mengunjungi Indonesia mulai dari Ambon hingga ke Papua. Mereka menghubungi pemilik akun resmi pendukung Belanda yang ada di Kota Jayapura.

 

02122022-Ilja_Dijkstra-2
Foto bersama Head of Internasional Strategy of Koninklijke Nederlanse Voetbalbond (KNVB) atau Direktur Strategi Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda, Ilja Dijkstra bersama Komunitas Papua Voor Holland Jayapura dan masyarakat di Kampung Yoboi, Kabupaten Jayapura, Papua.

 

"Tiba di Jayapura pada dini hari tadi langsung kami jemput. Agenda terkahir nonton bareng bersama di laga Belanda melawan Amerika karena itu mereka akan kembali ke Jakarta pada Minggu (4/12/2022) dan Ilja akan kembali ke Belanda,” kata Steven.

Berkaitan dengan konvoi, kata Steven, tidak ada lagi konvoi darat berkenan dari himbauan dari pihak kepolisian yang dialihkan ke konvoi laut di Kota Jayapura, dan akan di koordinir di Kampung Kayo Pulo pada pukul 15.00 WIT.

Ditanya soal penggemar Belanda yang banyak di Jayapura bahkan Papua Steven mengaku tidak kaget Tim Nasional kesayangannya itu memang punya kejadian historal dengan sejarah orang Papua.

"Kami tidak kaget dengan fans Belanda yang ada di Kota Jayapura atau di Papua pada umumnya karena historis sejarah yang memang ada keterkaitan sejarah dan uforianya paling luarbiasa," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved