Kemenkumham Papua

Kanwil Kemenkumham Papua Gelar Pelatihan Paralegal bagi Pemuda di Jayapura

Kegiatan ini sebagai pendidikan dan pelatihan untuk membentuk Paralegal yang mumpuni dalam memberi akses keadilan bagi masyarakat

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
PELATIHAN PARALEGAL – Upaya meningkatkan pemahaman hukum, Kanwil Kemenkumham Papua menggelar pelatihan paralegal di Aula Kemenkumham Papua, Jumat (2/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Mengusung niat meningkatkan pemahaman hukum, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersama Pemerintah Provinsi Papua serta LBH Justice Peace menggelar pelatihan paralegal untuk pemuda di Tanah Papua, yang dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham Papua, Kota Jayapura, Jumat (2/12/2022) siang.

Baca juga: Lantik Pejabat Pelaksana, Administrasi, dan Pengawas, Ini Pesan Kakanwil Kemenkumham Papua

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius Ayorbaba yang diwakili Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Muhamad Mufid mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi untuk melahirkan paralegal yang memiliki kompetensi tinggi.

"Kegiatan ini sebagai pendidikan dan pelatihan untuk membentuk Paralegal yang mumpuni dalam memberi akses keadilan bagi masyarakat di Provinsi Papua," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya memberi apresiasi bagi para calon paralegal yang hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi kehadiran dan partisipasi aktif saudara sekalian, yang hari ini hadir dengan penuh semangat."

Masih menurut Mufid, hal ini menunjukan perhatian dan kepedulian serta tanggung jawab calon paralegal dalam upaya memberikan bantuan hukum bagi masyarakat hingga mencapai akses keadilan.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan peran para peserta untuk aktif dalam mengadvokasi kebijakan perangkat daerah di tingkat desa atau kelurahan hingga tingkat provinsi.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Papua Sosialisasi Kekayaan Intelektual kepada 300 Pelaku UMK

"Serta tekun belajar melakukan pendampingan program atau kegiatan yang erat kaitannya dengan bantuan hukum dan keadilan di tengah masyarakat, serta aktif dan cakap dalam memberikan penyuluhan melalui kegiatan hukum non litigasi," lanjutnya.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua LBH Papua Justice dan Peace, Yosi Pangandaran. Menurutnya, pendidikan dan pelatihan paralegal merupakan proses peningkatan pemahaman hukum.

Baca juga: Harapan Kakanwil Kemenkumham Papua saat Membuka Pelatihan Paralegal: Mewujudkan Kepastian Hukum

"Jadi ini sebagai peningkatan pemahaman bagi Para pendeta/hamba tuhan dalam melaksanakan fungsi pelayanan kepada anggota jemaat," katanya.

Serta, kata Yosi, sebagai bagian dari masyarakat yang membutuhkan pelayanan dibidang hukum dan hak asasi manusia. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved