Info Mimika

Kunker ke Mimika, Sri Mulyani Koordinasi dengan Unit Kerja Kemenkeu

Adapun agenda kerja Menteri Keuangan secara umum ialah melakukan koordinasi dengan unit kerja Kementerian Keuangan di Mimika.

Istimewa
Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani melakukan kunjungan kerja di Wilayah Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Sabtu (3/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mimika, Senin (5/12/2022).

Diketahui, Sri Mulyani sudah berada di Mimika sejak Sabtu (3/12/2022).

Adapun agenda kerja Menteri Keuangan secara umum ialah melakukan koordinasi dengan unit kerja Kementerian Keuangan di Mimika, di antaranya kunjungan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Timika, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Timika, dan Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Timika.

"Tahun 2023 adalah tahun yang cukup menantang karena indikator-indikator perekonomian masih menunjukkan tren tidak stabil di antaranya karena adanya perang Rusia-Ukraina mengakibatkan inflasi dunia masih cukup tinggi, dan pandemi Covid-19 yang belum benar-benar berakhir.

"Hal ini menyebabkan tantangan besar bagi Kementerian Keuangan dalam pengelolaan keuangan negara utamanya terkait penerimaan negara. Karena itu dibutuhkan komitmen dan upaya yang lebih ekstra untuk mencapai target yang telah ditetapkan kepada kita," ungkap Sri Mulyani dalam arahannya.

Baca juga: Sri Mulyani Apresiasi Prestasi Laporan Keuangan Pemprov Papua Raih WTP

Adapun Sri Mulyani mengharapkan sinergi yang kuat antara unit kerja di Kemenkeu.

"Di Kabupaten Mimika ada tiga unit kerja Kementerian Keuangan. Saya harapkan adanya sinergi yang baik antara ketiga unit kerja, sehingga dapat berkolaborasi dalam memberikan pelayanan cepat dan bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Sedangkan terkait sinergi antar unit Kemenkeu, ada kebijakan khusus di mana setiap ada mutasi dan promosi pejabat di Kementerian Keuangan, maka minimal 30 persen di antaranya harus lintas unit kerja.

"Dengan adanya kebijakan ini diharapkan unit-unit kerja yang ada di Kementerian Keuangan semakin bersinergi dalam mewujudkan visi dan misi Kementerian Keuangan kedepan," ucapnya.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa sinergritas menjadi perhatian para pimpinan yang ada di Kementerian Keuangan, dimana saat ini Kementerian Keuangan sangat terbuka untuk membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk menjadi bagian dari Kementerian Keuangan.

"Papua termasuk beberapa wilayah yang memiliki kerja sama dengan Kementerian Keuangan melalui program afirmasi dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Nantinya para lulusan STAN dan afirmasi tersebut dapat menjadi bagian dari pegawai pemerintah pada lingkup propinsi atau kabupaten yang memiliki kerja sama afirmasi tersebut," jelasnya.

Di samping itu, kebijakan promosi bagi para pejabat Kementerian Keuangan yang merupakan pegawai terbaik hasil penyaringan beberapa tingkat untuk ditempatkan pada wilayah-wilayah terluar dan diharapkan dapat menjadi pemicu percepatan pengembangan SDM dan kemajuan wilayah setempat.

Baca juga: Pemkab Mimika Gelar Seleksi Kompetensi, 538 Honorer Berpartisipasi

Hal ini dapat terjadi karena para pejabat promosi adalah pegawai terpilih yang telah terbukti akan integritas, profesionalisme, dan pengetahuannya sehingga akan mentransormasikan unit kerja yang dibawahinya menjadi unit kerja yang handal.

"Otomatis menepis anggapan bahwa pegawai yang ditempatkan di daerah terluar adalah pegawai dengan integritas dan kinerja yang kurang baik. Tentu saja, dengan adanya penempatan SDM yang handal diharapkan akan turut berkontribusi bagi pengembangan masyarakat lokal khususnya dan wilayah kabupaten dan propinsi khususnya," pungkasnya.

Baca juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Lakukan Kunker di Mimika Papua Tengah

Setelah melakukan kunjungan ke KPP Pratama Timika, selanjutnya Menteri Keuangan melakukan tur kantor ke KPPN Timika.

Pada hari berikutnya Sri Mulyani melakukan kunjungan ke wilayah Tembagapura dengan didampingi para pejabat Kementerian Keuangan beserta perwakilan dari PT Freeport Indonesia.

Tak hanya di tembagapura Sri Mulyani juga berkunjung di Kota Kuala Kencana usai dari Tembagapura. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved