Info Jayapura

Pesan Bupati Jayapura saat Peresmian BTS di Kampung Yakonde: Hadiah Natal Masyarakat Adat

BTS ini solusi agar masyarakat bisa lebih eksis, di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, keamanan, dan lain sebagainya

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com/Calvin Louis Erari
PERESMIAN – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw meresmikan BTS di Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Senin (5/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Kemeriahan mewarnai peresmian Base Transceiver Station (BTS) di Kampung Yakonde, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Senin (5/12/2022) oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Jayapura ini mengatakan, peresmian tersebut merupakan hadiah natal untuk masyarakat adat.

Baca juga: Sebanyak 17 BTS Bakti Dibangun di Kabupaten Jayapura, 4 Lokasinya Terkendala Distribusi Logistik

Menurutnya, BTS tersebut dibangun atas kebijakan Pemerintah Pusat dalam program daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T).

"Ini sebagai anugerah besar bagi kami, maka BTS yang kita resmikan ini sebagai hadiah natal untuk kita semua," kata Bupati Mathius Awoitauw.

Di era pandemic Covid-19 ini, pemerintah mengalami kesulitan terutama di sektor pendidikan dan kesehatan. Tapi semua terus dikerjakan agar bisa berjalan secara maksimal.

"Inilah tantangan global yang harus dihadapi. Maka BTS ini solusi agar masyarakat bisa lebih eksis, di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, keamanan, dan lain sebagainya, karena kita membutuhkan percepatan, efektifitas, dan efisiensi," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, adanya BTS tersebut juga dapat meringankan banyak pihak untuk mempercepat pembangunan dan pelayanan publik di Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Pemkab Jayapura Targetkan Pembangunan BTS di Kampung Banggai Selesai September 2022 

Terutama dalam menghadapi percepatan pembangunan, oleh sebab itu perlu ada kolaborasi dari masyarakat adat maupun Pemerintah.

"Tidak mungkin fasilitas ini kita bangun di atas air atau udara. Tapi harus di atas tanah dan itu dimiliki oleh masyarakat adat. Maka ini kontribusi mereka sangat penting untuk melancarkan pembangunan," terangnya.

Lanjut dia, dengan sebidang tanah yang sudah diberikan untuk membangun BTS tersebut dapat menolong banyak generasi di Kampung Yakonde.

Baca juga: BAKTI Janjikan 17 BTS Rampung di Kabupaten Jayapura

"Dari pada kita jualbelikan dengan harga yang tidak jelas tetapi harus kehilangan selamanya, maka itu saya sangat berterimakasih kepada masyarakat adat yang telah memberikan lahan tanpa ganti rugi, dan saya harap semua tempat di Kabupaten Jayapura juga bisa seperti ini, karena fasilitas begini sangat dibutuhkan untuk masa depan," paparnya.

Baca juga: Diskominfo Mimika Mulai Bidik Videotron dan BTS Untuk Tambahan PAD

Dikatakannya, negara hanya membantu, karena mempunyai kemampuan teknologi, fasilitas tetapi aset ini adalah milik masyarakat.

"Daerah ini mau maju semua itu ada di tangan kita sendiri. Ini milik masyarakat adat, maka itu BTS ini harus dijaga dan dipelihara dengan baik di atas tanah adat kalian," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved