Info Papua Barat Daya

Dilantik Jadi Penjabat Gubernur, Muhammad Musa'ad Diminta Jaga Stabilitas Keamanan Papua Barat Daya

Perintah ini disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, usai pelantikan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Tribun-Papua.com/Kompas.com
DILANTIK - Mendagri Tito Karnavian saat Meresmikan dan Melantik Pj Gubernur Provinisi Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad di Jakarta, Jumat (9/12/2022). (Maichel KOMPAS.com) 

TRIBUN-PAPUA.COM, SORONG - Penjabat Gubernur Papua Barat Daya yang baru saja dilantik, Muhammad Musa'ad diminta untuk menjaga stabilitas politik di daerah otonomi baru (DOB) yang ia pimpin.

Perintah ini disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, usai pelantikan di Kantor Kemendagri, Jakarta, sebagaimana disiarkan YouTube Kemendagri, Jumat (9/12/2022).

Mendagri Tito juga meminta agar Musa'ad segera menentukan jajaran pemerintahan di provinsi terbaru itu.

Baca juga: Sorong Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Barat Daya, Mendagri: Memperpendek Birokrasi Demi Kesejahteraan

"Kami minta amanah yang diberikan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan seluruhnya serta setulus-tulusnya untuk dapat mempercepat pembangunan di Papua Barat Daya," ujar Tito.

Musa'd juga diminta segera merangkul semua pihak dan melakukan pendekatan terhadap para tokoh guna menjaga stabilitas politik dan keamanan di Papua Barat Daya.

"Tolong jaga betul stabilitas politik dan keamanan di sana, semua pihak terutama forkopimda, semua tokoh-tokoh, baik tokoh formal maupun informal, rekan-rekan bupati, wali kota, DPRD termasuk juga berhubungan baik dengan induknya Papua Barat di semua tingkatan," pesannya.

Tito mengatakan, setelah ini jajaran Pemerintahan Daerah Provinsi Papua Barat Daya harus segera diisi.

Dia pun berpesan agar pembentukan jajaran pemerintahan dilakukan secara musyawarah yang baik.

"Saya minta tolong kepada rekan-rekan bupati, wali kota untuk komitmen pada komitmen awal pada saat persiapan untuk mempermudah pekerjaan dari pj gubernur untuk mengoperasionalkan segera provinsi ini," ungkap Tito.

"Dan kemudian kami mohon dukungan Bapak Menpan RB (Abdullah Azwar Anas), karena dia akan banyak berkaitan dengan aparatur sipil negara (ASN) yang tentunya harus diisi farmasi-formasi di sana banyak sekali," tambah mantan Kapolri itu.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian resmi melantik Muhammad Musa’ad sebagai Pj Gubernur Papua Barat pada Jumat.

Pelantikan tersebut digelar di Sasana Bakti Praja Kantor Kemendagri Jakarta.

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 122/P Tahun 2022 Tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Papua Barat yang telah diteken oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Kariernya Gemilang, Ini Profil Muhammad Musa’ad Sebelum Jadi Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

Dalam Keppres tersebut, Presiden Jokowi telah menunjuk Muhammad Masa'ad sebagai Pj Gubernur Papua Barat Daya.

Adapun sebelum melantik Muhammad Masa'ad, Mendagri Tito terlebih dulu meresmikan Provinsi Papua Barat Daya.

Peresmian itu berdasarkan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2022. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendagri Minta Pj Gubernur Jaga Stabilitas Politik di Papua Barat Daya",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved