Info Papua Pegunungan

Pemkab Nduga dan PLN Realisasi Listrik 24 Jam di Kenyam, Bupati: Kado Natal bagi Masyarakat

Kado ini menjadi penantian panjang masyarakat selama 14 tahun belakangan, bahkan sejak Nduga resmi dibentuk sebagai kabupaten.

istimewa
Bupati Nduga Namia Gwijangge beserta jajarannya melaksanakan peninjauan secara langsung Pembangkit Listrik Tenaga Diesel bertempat di Distrik Kenyam Kabupaten Nduga, Senin(13/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA – Pemerintah Kabupaten Nduga memberikan kado Natal bagi masyarakat di Kota Kenyam, Papua Pegunungan.

Kado yang dimaksud ialah listrik yang sudah mampu beroperasi selama 24 jam setiap harinya.

Kado ini menjadi penantian panjang masyarakat selama 14 tahun belakangan, bahkan sejak Nduga resmi dibentuk sebagai kabupaten.

"Listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi demi menunjang pembangunan kabupaten Nduga. Puji tuhan akhirnya harapan kita semua selama 14 tahun sejak kabupaten ini berdiri akhirnya terlaksana," ungkap Bupati Nduga, Namia Gwijangge kepada Tribun-Papua.com, Selasa (14/12/2022) melalui keterangan tertulisnya.

Baca juga: Antisipasi Gangguan di HUT OPM, Polres Nduga Papua Pegunungan Gelar Apel Gabungan

Namia menyebut, selama ini listrik hanya menyala 6 jam per hari menggunakan pembangkit tenaga listrik diesel berkekuatan 800 kvh dengan tiga unit mesin pembangkit dengan beban pemakaian perhari.

"Kini di Distrik Kenyam diperkirakan 250 kvh per hari ke depan masyarakat dapat merasakan aliran listrik 24 jam,” ujar Bupati Nduga.

Namia memberikan apresiasi kepada PT PLN Timika atas kerjasamanya dalam membantu merakit dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga diesel.

"Saya berikan apresiasi yang tinggi atas bantuan dan kerjasama yang baik PT. PLN wilayah Timika sudah membantu merakit serta mengoperasikan mesin baru. Hari ini sudah nyala listrik, selanjutnya pembangkit listrik ini akan dikelola serta disesuaikan operasionalnya oleh PT. PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik di Kabupaten Nduga,” ungkapnya.

Baca juga: Warga Tutup Jalan, Tuntut Pembayaran Hak Ulayat Bandara Kabupaten Nduga Papua

Ia mengatakan, listik 24 jam dj Kenyam juga sebagau kado Natal untuk masyarakat menyongsong kelahiran Yesus Kristus.

"Saya berharap masyarakat dapat mempergunakan listrik sebaik mungkin. Masyarakat juga saya minta untuk menjaga fasilitas yang ada demi memajukan kabupaten Nduga karena sebagai salah satu kado natal untuk masyarakat Nduga," kata Namia.

Dikatakan Bupati Nduga, kedepan pihaknya juga akan melakukan perbaikan jaringan kabel guna memperluas cakupan pelayanan listrik di wilayah Kabupaten Nduga.

Sementara Kapolres Nduga, AKBP Rio Alexander mengungkapkan dukungannya terhadap pelayanan kepada masyarakat telah diupayakan Pemda Nduga.

"Kami selaku aparat keamanan , Polres Nduga mendukung setiap program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakatnya. Kami jug selalu bersama pemerintah dalam menjamin keamanan dan kenyamanan di kabupaten Nduga. Pembangunan di Nduga juga akan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakatnya, ketika masyarakat sejahtera maka pikiran-pikiran yang tidak menguntungkan atau negatif akan hilang dari masyarakat.

"Ini sebuah kemajuan yang luar biasa. Mari bersama kita jaga fasilitas umum yang sudah diupayakan pemerintah daerah demi kemajuan Kabupaten Nduga yang kita cintai dan banggakan ini," pungkas Kapolres. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved