Info Merauke

Serahkan DIPA-TKD 2023, Ini Arahan Penjabat Gubernur Papua Selatan

Apolo Safanpo meminta para bupati, kepala satker, dan OPD untuk mempersiapkan program-program pembangunan tahun 2023 dengan baik.

Penulis: Syarif Jimar | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Syarif Jimar
Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Sharif Jimar

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Usai menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) tahun 2023, Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo menyampaikan sejumlah arahan kepada para bupati, kepala satker, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Provinsi Papua Selatan, Selasa (13/12/2022).

Apolo meminta para bupati, kepala satker, dan OPD untuk mempersiapkan program-program pembangunan tahun 2023 dengan baik, agar dapat berjalan efektif sejak awal tahun 2023 dan memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat.

Baca juga: Penjabat Gubernur Papua Selatan Serahkan DIPA-TKD 2023 Rp 9,59 Triliun

"Untuk itu, agar dapat dilakukan persiapan lelang lebih awal melalui pemanfaatan e-procurement dan e-catalogue," kata Apolo Safanpo.

Apolo juga mengarahkan agar dilakukan pemantauan efektivitas kegiatan dan anggaran secara berkala (bulanan atau triwulan) untuk meyakini semua program berjalan secara maksimal dan terus melakukan perbaikan.

 

Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun 2023, Selasa (13/12/2022).
Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun 2023, Selasa (13/12/2022). (Tribun-Papua.com/Syarif Jimar)

 

Selain itu, lanjutnya, perbaiki koordinasi dan sinergi baik antar kementerian, antar pemerintah daerah, maupun antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk bisa mengefisienkan dan mengefektifkan pencapaian output kegiatan pembangunan.

Baca juga: Kejari Merauke Papua Selatan Resmikan Rumah Restorative Justice

Langkah lain yang perlu diambil, menurut Apolo, adalah melakukan sosialisasi dan komunikasi kepada publik mengenai kegiatan, anggaran, dan hasil-hasil output yang dicapai, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh dan benar mengenai program kerja pemerintah dan hasilnya.

Sebagai Informasi, Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo menyerahkan DIPA-TKD 2023 senilai total Rp 9,59 triliun kepada Satker Kementerian/Lembaga, Pemda Provinsi/Kabupaten, dan OPD di lingkup Provinsi Papua Selatan. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved