Info Merauke

Dapat Bantuan Alsinta, Wakil Bupati Merauke Minta Kelompak Tani Berkoordinasi

Selama ini banyaknya alsintan bantuan pemerintah yang disalurkan kepada kelompok tani rusak dan mangkrak karena tidak melakukan koordinasi.

Penulis: Syarif Jimar | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Syarif Jimar
Wakil Bupati Merauke H Riduan memberikan sambutan pada kegiatan penyerahan alsintan aspirasi Anggota DPR-RI Sulaeman Hamzah, Rabu (21/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Sharif Jimar

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Wakil Bupati Merauke H Riduan meminta kelompok tani penerima bantuan Alat dan Mesin Pertanian (alsintan) untuk berkoordinasi dengan Kepala Kampung terkait pengelolaan bantuan alsintan yang diterima.

Hal tersebut agar pemanfaatan alsintan dapat dikelola dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Menurut Wakil Bupati Merauke, selama ini banyaknya alsintan bantuan pemerintah yang disalurkan kepada kelompok tani rusak dan mangkrak karena tidak melakukan koordinasi dengan pemerintah kampung dalam pengelolaannya.

Baca juga: Direktur Rumah Aspirasi, Fauzun Nihayah: Bantuan Alsintan Bisa Ditarik Jika Digunakan Secara Pribadi

"Alsintan banyak yang mangkrak karena Pengelolannya secara pribadi dan tidak berkoordinasi dengan pemerintah kampung, sehingga tidak bisa diperbaiki melalui dana kampung," kata Wakil Bupati Merauke saat memberi sambutan dalam penyerahan 146 unit alsintan di Kantor Dinas Tanaman Pangan, Pertanian dan Hortikultura, Rabu (21/12/2022).

Wabub Riduan menyayangkan banyaknya alsintan yang didatangkan dari luar Merauke, harus mangkrak karena tidak tepat dalam melakukan pengelolaan.

 

 

Sehingga, dalam kesempatan tersebut juga wakil Bupati Merauke berharap nantinya ada bengkel alsintan yang dikelola melalui Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam).

Apalagi saat ini, kata Wabub Riduan, Pemerintah Kabupaten Merauke telah melakukan revitalisasi bumkam.

Sehingga, nantinya bengkel alsintan yang dikelola oleh bumkam dengan baik, mampu memperpanjang masa penggunaan alsintan karena dikelola secara profesional.

Baca juga: Sulaeman Hamzah Serahkan 146 Unit Alat dan Mesin Pertanian

Dalam kesempatan tersebut juga, Wakil Bupati Merauke mengapresiasi anggota DPR-RI Sulaiman Hamzah karena konsisten bersentuhan langsung dengan petani untuk mendukung perkembangan pertanian khususnya di Kabupaten Merauke.

"Ini sungguh luar biasa, karena tidak semua anggota DPR-RI yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dengan konsisten," ujarnya.

Apalagi, Merauke dicanangkan menjadi salah satu lokasi lumbung pangan nasional. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved