Pemkot Jayapura

BPBD Kota Jayapura Imbau Warga Waspada Anomali Cuaca di Penghujung Desember

Masyarakat diimbau tidak perlu keluar rumah, jika prediksi adanya cuaca ekstrem sehingga dapat meminimalisir resiko yang memungkinkan terjadi. 

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
WASPADA - Kepala BPBD Kota Jayapura, Asep A M Khalid mengimbau masyarakat agar selalu berwaspada menyikapi perubahan cuaca di penghujung Desember, Selasa (27/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura mengimbau masyarakat, agar berwaspada menghadapi anomali atau perubahan cuaca di penghujung Desember 2022. 

Hal itu disampaikan Kepala BPBD Kota Jayapura, Asep A M Khalid kepada Tribun-Papua.com di Kota Jayapura, Papua Selasa (27/12/2022). 

"Iya ini kalau kita lihat prediksi atau prakiraan BBMKG Wilayah V Jayapura memang di penghujung Desember ini kan cuaca juga berubah-ubah, untuk itu perlu diwaspadai," kata Asep. 

Baca juga: Cuaca Kota Jayapura Hari Ini: Sedia Payung, Distrik Abepura hingga Muara Tami Bakal Diguyur Hujan

Ia mengatakan, dengan potensi curah hujan yang tinggi di Kota Jayapura maka tentu perlu ada antisipasi baik dari BPBD Kota Jayapura, termasuk masyarakat. 

"Terlebih khusus masyarakat yang tinggal di area-area rawan banjir dan longsor, ini perlu menjadi perhatian serius," tegasnya. 

Sementara itu, tak luput juga, masyarakat Kota Jayapura yang bermukim di daerah pesisir agar selalu berwaspada terhadap perubahan cuaca yang berpotensi menimbulkan banjir rob. 

"Kita tahu bersama Kota Jayapura ini merupakan kota pesisir yang masyarakatnya juga tak sedikit tinggal di daerah pantai atau pesisir," tuturnya. 

Maka dari itu, pihaknya menyarankan agar bersama-sama untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sebagai tempat hunian yang layak. 

"Saya minta kita semua untuk terus memantau update dari BBMKG Wilayah V Jayapura, agar selalu mendapatkan informasi akurat dan terpercaya terkait perubahan cuaca ini," pungkasnya.

Asep mengimbau masyarakat tidak perlu keluar rumah, jika prediksi adanya cuaca ekstrem sehingga dapat meminimalisir resiko yang memungkinkan terjadi. 

"Apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan pada saat cuaca ekstrem, masyarakat Kota Jayapura bisa berkoordinasi melalui call center 08114860117," infonya. 

Baca juga: BMKG Merauke Minta Warga Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Diperkirakan hingga 31 Desember 2022

Sekadar diketahui, pada Selasa 27 Desember 2022 ini, BBMKG Wilayah V Jayapura mengeluarkan peringatan dini cuaca wilayah Papua. 

Di mana melalui informasinya, pada pukul 04.30 WIT masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.(*) 

 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved