Info Jayapura

Sepanjang 2022, Polresta Jayapura Kota Berhasil Ungkap 74 Kasus Narkoba

Polresta Jayapura Kota mencatat kenaikan signifikan dalam pengungkapan kasus narkotika dan obat-obatan (narkoba) selama tahun 2022.

Penulis: Raymond Latumahina | Editor: Roy Ratumakin
Humas Polresta Jayapura Kota
Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor D Mackbon (tengah), membeberkan pengungkapan kasus narkoba di Kota Jayapura selama tahun 2022 mencapai 74 kasus. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA Polresta Jayapura Kota mencatat kenaikan signifikan dalam pengungkapan kasus narkotika dan obat-obatan (narkoba) selama tahun 2022.

Berdasarkan laporan, Satuan Narkoba Polresta Jayapura Kota berhasil mengungkap 74 kasus barang haram tersebut.

Padahal, Polresta Jayapura Kota sendiri menargetkan 35 kasus pengungkapan narkoba pada tahun 2022.

Baca juga: Polresta Jayapura Kota Siagakan 500 Personel Untuk Mengamankan Natal dan Tahun Baru 2023

Jumlah pengungkapan tersebut naik mencapai angka 200 persen dibanding tahun 2021 sebelumnya yang hanya 46 kasus.

Menurut Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Victor D Mackbon, pengungkapan kasus narkoba yang melebihi target ini merupakan sebuah prestasi.

 

 

Maka dari itu, dirinya memuji atas kinerja Satuan Narkoba Polresta Jayapura Kota yang telah berhasil mengungkap kasus barang terlarang tersebut.

"Ini merupakan prestasi di mana mereka (Sat Narkoba) berhasil melebihi target yang diporsikan dengan perbandingan kasus sebanyak 31," kata Kombes Pol Victor D Mackbon di Mapolresta Jayapura Kota, Senin (26/12/2022).

Mantan Kapolres Jayapura ini mengatakan, dari 74 kasus narkoba itu ada 11 Warga Negara Asing (WNA) asal Papua Nugini (PNG) yang ditetapkan sebagai tersangka.

Sedangkan untuk barang bukti yang diamankan, Kombes Pol Victor D Mackbon juga menyebut adanya kenaikan cukup drastis dibanding tahun 2021 sebelumnya.

Baca juga: Destinasi Wisata di Raja Ampat dan Labuan Bajo yang Wajib Anda Kunjungi

Dirinya menuturkan, pada tahun 2022 ini Sat Narkoba Polresta Jayapura mengamankan narkotika jenis sabu sebanyak 298 gram dan 38 Kg ganja.

"Tahun 2021 lalu sabu 28 gram, sedangkan di 2022 ini 298 gram, kemudian ganja 38 Kg lebih dibanding tahun sebelumnya hanya 7 Kg," ujarnya.

Selain memuji atas kinerja yang telah dilakukan oleh Satuan Narkoba Polresta Jayapura Kota, tapi di sisi lain Kombes Pol Victor D Mackbon merasa cukup miris.

"Di sisi lain ini menjadi sesuatu yang miris karena semakin banyak yang menggunakan narkoba," keluhnya.

Oleh sebab itu, Polresta Jayapura Kota berkomitmen akan tetap terus memberantas peredaran narkotika di kota berjuluk Seribu Pinang ini.

"Tentunya upaya-upaya yang dilakukan harus secara holistik atau bersama-sama untuk menanggulanginya, ada BNN, ada Direktorat Narkoba dan tentunya elemen masyarakat," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved