Perayaan Tahun Baru 2023

Pasca Malam Akhir Tahun 2022, Sampah Bekas Petasan Berserakan di Jalan Kota Jayapura

Kawasan Waena Kota Jayapura, terlihat dengan jelas sampah-sampah sisa perayaan malam pergantian tahun berserakan di pinggir jalan

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com
SAMPAH - Potret sampah bekas kemasan petasan dan kembang api tampak berserakan di Jalan Campwolker, Perumnas III, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Minggu (1/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pasca perayaan malam pergantian tahun menuju 2023, sampah bekas kemasan mercon, kembang api, hingga petasan teramati berserakan di ruas jalan Kawasan Waena Kota Jayapura. 

Pantauan Tribun-Papua.com Minggu (1/1/2023) di Kawasan Waena Kota Jayapura, terlihat dengan jelas sampah-sampah sisa perayaan malam pergantian tahun berserakan di pinggir jalan. 

Baca juga: Warga Jayapura Menyemut di Jembatan Merah Youtefa Rayakan Malam Pergantian Tahun Baru 2023

Sejak pukul 07.00 WIT, para petugas kebersihan tengah sibuk membersihkan sampah-sampah tersebut. 

Satu di antaranya, Mujiardi (42) kepada Tribun-Papua.com mengatakan sampah-sampah tersebut akan diangkut untuk dibuang ke TPU. 

"Ini bukan hanya di Waena, tetapi di Abepura juga begitu jalan-jalan banyak dipenuhi sampah sisa malam pergantian tahun semalam," sebutnya. 

Meski sudah menjadi tugas pihaknya, ia mengingatkan kembali warga Kota Jayapura agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan. 

"Mari kita sama-sama bertanggung jawab terhadap lingkungan masing-masing dan tidak mengotori jalan," pintanya. 

Dalam kesempatan itu, ia juga mengaku prihatin dengan minimnya kesadaran warga yang masih saja lalai dalam menjaga kebersihan.

Baca juga: Polres Mimika Siagakan 820 Personel Menjelang Malam Tahun Baru 2023

"Padahal kalau mau dibilang ini kota kan rumah mereka sendiri, tetapi selalu berfikir ada petugas yang angkut jadi memang sudah jadi kebiasaan," katanya. 

Ia bahkan mencoba membandingkan dengan masa pandemi Covid-19, pada saat momen perayaan tahun baru tidak banyak sampah di jalan seperti saat ini. 

Baca juga: Hana Hikoyabi: Pemkab Jayapura Akan Gelar Tahun Baru Bersama Masyarakat pada 4 Januari 2023

"Semoga ke depan, kita selalu bisa menjaga kebersihan lingkungan, jangan mengotori jalan, apalgi selokan karena ini musim penghujan bisa buat banjir kalau tersumbat," harapnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved