Pemilu 2024

Guncangan Ekonomi Global Disebut Pengaruhi Langkah PDIP Umumkan Sosok Capres

PDIP belum mau sebut nama capres karena lihat ada potensi guncangan ekonomi global

Tribunnews
PDIP belum mau sebut nama capres karena lihat ada potensi guncangan ekonomi global 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Dari banyaknya partai politik peserta Pemilu 2024, baru NasDem saja yang diketahui telah mengumumkan figur calon presiden.

Sedangkan, partai lainnya belum mengambil langkah mengumumkan figur capres maupun cawapres.

Termasuk di antaranya partai pemenang pemilu di periode sebelumnya, PDI Perjuangan (PDIP).

Hingga saat ini, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu tak kunjung mengumumkan sosok capres, sekalipun banyak kandidat yang kerap dikait-kaitkan.

Berkaitan dengan hal itu, Politikus PDIP Deddy Sitorus mengatakan saat ini bukan momentum yang tepat untuk pihaknya langsung menyebut nama yang akan diusung sebagai calon presiden atau Capres 2024.

Apalagi dengan melihat adanya potensi guncangan ekonomi akibat krisis global.

Alasan ini Deddy sampaikan dalam diskusi daring bertajuk 2023 Tahun Turbulensi Politik, Sabtu (7/1/2023).

"Lebih ke kita merasa momentum belum tepat karena kita dengar sendiri Menteri Keuangan bahkan bapak presiden bilang bahwa potensi guncangan ekonomi akibat krisis global itu masih akan menghantui kita," kata Deddy.

"Bahkan Bank Dunia atau IMF sudah menurunkan ekspektasi proyeksi pertumbuhan ekonomi kita di bawah apa yang sudah ditargetkan pemerintah," tambahnya.

Baca juga: Kerja Nyata di Kementerian BUMN, Erick Thohir Disebut Pantas Jadi Cawapres Idola

Sehingga, menurut Deddy, saat ini pemerintah masih perlu fokus dan solid dalam bersiap menghadapi potensi guncangan ekonomi.

Meski belum bisa menyebutkan nama, Deddy membebeberkan akan ada kisi-kisi terkait capres yang akan dibocorkan dalam momentum HUT ke-50 PDIP pada 10 Januari 2023.

Kata Deddy, hal ini untuk sedikit menjawab keingintahuan publik yang sedari lama sudah penasaran siapa sosok yang diusung menjadi capres dari PDIP.

"Saya kira lebih menarik kalau tunggu 10 Januari yang tinggal beberapa hari. Kita kan ultah partai ke-50 tentu mudah-mudahan akan sedikit menjawab keingintahuan publik, tapi belum sebut nama capres karena waktunya menurut hemat kami juga belum tepat untuk awal tahun ini," katanya.

Baca juga: Apolo Safanpo Ajak Masyarakat Dukung Program Nasional Pengembangan SDM Papua Selatan

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah menyampaikan kepadanya ihwal pengumuman capres 2024 akan disampaikan pada tahun 2023.

Hasto menyebut partainya kini sedang dalam tahap finalisasi visi misi.

"Ibu Mega telah memutuskan bahwa rencana mengumumkan capres pada tahun 2023. Jadi itu bocoran yang saya sampaikan, bahwa bocoran akan diumumkan pada tahun 2023,” kata Hasto usai acara Refleksi Akhir Tahun 2022 DPP PDIP, Jumat (30/1/2022).

Baca juga: Puan Maharani Sebut PDIP Bakal Deklarasikan Capres Tahun Depan: Secepatnya

Adapun sosok capres yang disebut Hasto harus mampu melanjutkan nafas kepemimpinan Soekarno, Megawati, dan Presiden Joko Widodo

Capres PDIP, lanjutnya, juga sudah dipersiapkan secara matang untuk menjadi seorang pemimpin yang dapat memikul tanggung jawab demi keberlanjutan masa depan bangsa.

 

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved