Pemkab Jayapura

Penjabat Bupati Jayapura: Peran ASN Sosialisasi Antisipasi Bencana bagi Masyarakat

Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, meminta ASN Pemkab Jayapura mengambil peran dalam sosialisasi antisipasi bencana kepada masyarakat.

Tribun-Papua.com/ Calvin
Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, meminta ASN Pemkab Jayapura mengambil peran dalam sosialisasi antisipasi bencana kepada masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Provinsi Papua, diminta untuk dapat mengambil perannya dalam melakukan sosialisasi antisipasi bencana kepada masyarakat di Bumi Kenambai Umbai.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, Senin (9/1/2023).

Sosialisasi tersebut perlu dilakukan agar masyarakat dapat melakukan antisipasi dini.

"Jadi fungsi dan peran ASN itu bukan hanya di kantor, tetapi harus balik pada lingkungan untuk memainkan peran masing-masing dalam menjalankan fungsi sebagai masyarakat dalam melakukan sosialisasi-sosialisasi tentang waspada bencana," kata Triwarno.

Sambung Triwarno, seperti halnya kejadian kebakaran Pasar Pharaa Sentani pada Jumat, 6/1/2023) kemarin yang terjadi akibat kelalaian.

Untuk itu, Triwarno meminta agar ASN Pemkab Jayapura terus menyampaikan kepada masyarakat tentang apa itu bahaya musibah maupun bencana.

"Jadi peran ASN kepada masyarakat harus terus dilakukan, sehingga mereka juga dapat aktif dalam mengantisipasi terjadinya bencana," ujarnya.

Baca juga: 800 Honorer Pemkab Jayapura Diajukan ke Menpan RB, Timothius Demetouw: Sisanya Menyusul

Selain itu, Triwarno juga meminta agar ASN yang berada di Dinas teknis seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar dapat membekali diri dengan baik.

"Fisik harus prima, kerja harus bagus, komitmen moral, disiplin harus tinggi dan hindari ego sektoral, karena antisipasi dan penangan bencana ini menjadi tanggung jawab kita semua," pungkasnya.(*)


 

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved