Info Jayapura

DPRD Panggil Penjabat Bupati Jayapura Bahas Penanganan Kebakaran Pasar Pharaa Sentani

Dalam rapat tersebut, menurut Triwarno, Pemkab Jayapura memberikan keterangan terkait penanganan pasca-kebakaran di Pasar Pharaa Sentani.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Suasana pertemuan antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jayapura dengan Penjabat Bupati Triwarno Purnomo membahas kebakaran Pasar Pharaa Sentani, Senin (9/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jayapura mengundang Penjabat Bupati Triwarno Purnomo bahas kebakaran Pasar Pharaa Sentani, Senin (9/1/2023).

Ketua DPRD Jayapura, Klemens Hamo mengatakan, pemanggilan itu dilakukan untuk menyikapi kejadian kebakaran tersebut.

"Ia memang kami DPR untuk menyikapi cepat, hari ini kita bersama Pj Bupati Jayapura gelar rapat koordinasi untuk menyatukan persepsi sehingga dengan koordinasi ini kita dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di lapangan," kata Klemens kepada awak media termasuk Tribun-Papua.com, di Sentani.

Baca juga: TPNPB Klaim Jadi Pelaku Kebakaran Pasar Pharaa Sentani, Ketua DPRD Jayapura Buka Suara

Menurut Klemens, persoalan pasar menyangkut kebutuhan masyarakat. Dimana dari situ, pihaknya dapat menjawab kebutuhan ekonomi dalam keluarga seperti menyekolahkan anak dan lain sebagainya.

Untuk itu, dalam rapat koordinasi bersama Pj Bupati Jayapura, menurut Klemens, pihaknya telah menyepakati bersama bahwa dalam waktu dekat, DPRD akan melaksanakan pergeseran anggaran perubahan untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat.

 

 

"Kami dari DPRD telah meminta data sehingga sebelum kita melakukan eksien, kita bisa dibekali dengan data yang jelas," jelasnya.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, ungkap Klemens, DPRD juga meminta agar pihak keamanan dapat menjaga area Pasar Pharaa dengan baik, agar tidak ada pihak lain yang masuk untuk memanfaatkan situasi.

Klemens juga tidak lupa menyampaikan apresiasinya kepada Pj Bupati yang telah mengumpulkan para Organisasi Perangkat Teknis (OPD) untuk melakukan kerja-kerja cepat.

Saat ditanya apakah dalam penanganan nanti bakal melibatkan perdagangan, Klemen menjawab tergantung.

Baca juga: Pasar Pharaa Terbakar, Korban Minta Pemkab Jayapura Segera Bersihkan Puing-puing Sisa Kebakaran

"Pada prinsipnya untuk memanggil para pedagang ini, kita harus memiliki data dulu. Kalau memang Pemerintah mampu menyelesaikan persoalan ini, ngapain kita panggil mereka. Artinya kalau data dari pemerintah daerah sudah cukup, berarti DPR mendukung untuk menyelesaikan persoalan ini," jelasnya.

Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo menyatakan, kehadirannya dalam rapat koordinasi tersebut untuk memenuhi undangan dari DPRD.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved