Info Jayapura

Tingkatkan Literasi Digital, Bidang KIP Puncak Jaya Adopsi Cara Kerja Kominfo Kabupaten Jayapura

Dengan kunjungan tersebut diharapkan ada kerja sama antar pemerintah daerah hingga ke oraganisasi perangkat daerah (OPD) agar berkelanjutan.

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
Kepala Seksi Media Komunikasi dan Penyiaran Publik Dinas Kominfo Puncak Jaya, Abraham Tandilolo bersama salah satu staffnya saat sesi pelatihan oleh KIP Kabupaten Jayapura di Media Center Kantor Bupati. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI – Dinas Komunikasi Informasi (Kominfo) Kabupaten Puncak Jaya melalui Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) meningkatkan literasi digital dengan mengadopsi beberapa program dari Kominfo Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon menjelaskan kedatangan pegawai dari IKP Kabupaten Puncak Jaya untuk mempelajari pembuatan konten baik di radio, naskah berita (rilis), penggunaan media sosial, hingga kerja sama dengan media.

Gustaf mengatakan, dengan kunjungan tersebut diharapkan ada kerja sama antar pemerintah daerah hingga ke oraganisasi perangkat daerah (OPD) agar berkelanjutan.

Baca juga: Pasar Pharaa Terbakar, Korban Minta Pemkab Jayapura Segera Bersihkan Puing-puing Sisa Kebakaran

Kerja sama tersebut menurutnya, tidak hanya melalui bidang IKP tetapi bisa juga melalui bidang statistik, E-goverment dan TIK.

"Kami sampaikan untuk bisa kerja sama antara pemerintah Kabupaten Jayapura dan Puncak Jaya kemudian atara dinas, agar lebih intens," katanya ketika ditemui Tribun-Papua.com diruang kerjanya, Senin (9/1/2022).

 

 

Selama ini, Pemkab Jayapura telah memiliki streaming Sentani TV, kerjasama media online dan cetak, website-website dari tiap organisasi perangkat daerah (OPD) ditingkat distrik dan kampung, dan media sosial, hingga komunitas digital yang dibentuk sehingga tidak terlalu melibatkan piha ketiga.

Secara teknis, kata Gustaf, mereka bakal dampingi oleh bidang IKP untuk memulai.

“Mereka sudah mempunyai radio dan sudah dijalankan sejak Desember kemarin, untuk tahun berjalan ini mereka akan melihat dan mengamati yang ada di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Baca juga: Menuju Smart City, Diskominfo Kabupaten Jayapura Dorong Pemerataan Akses Jaringan Telekomunikasi

Hal yang sama pun juga telah dilakukan oleh Kominfo Kabupaten Wamena, Puncak, Timika, Jaya Wijaya, Boven Diegoel.

"Ada yang merujuk ke Dinas Kominfo Provinsi kemudian dilimpahkan ke Kabupaten Jayapura," ungkapnya.

Kepala Seksi Media Komunikasi dan Penyiaran Publik Dinas Kominfo Puncak Jaya, Abraham Tandilolo ditempat berbeda mengatakan pihaknya memang datang untuk belajar membuat konten dan berita.

Menurut Abraham saat ini pihaknya memerlukan penguatan sumber daya manusia karena dinilai masih kurang.

"Untuk pembuatan konten-konten ini kami harap datang di Kabupaten Jayapura memperoleh hasil yang maksimal untuk kembali dan di kembangkan,"cjelasnya.

Menurutnya Bidang KIP Kabupaten Jayapura lebih maju sehingga perlu adanya dukungan agar dapat melakukan hal yang sama di tempatnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved