Info Jayapura

Pesan Serius Frans Pekey saat Serahkan DPA kepada 40 OPD: Harus Konsisten Pengelolaan Anggaran

Sebab nanti pada saat permintaan apabila lebih ataupun kurang maka sistem akan menolak, jadi mintalah sesuai dengan anggaran kas

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
SERAHKAN DPA - Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey saat menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Justin Sitorus di Aula Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada 40 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Jayapura. 

Kemudian Frans meminta agar, semua pihak konsisten dalam permintaan dan pengelolaan yang disesuaikan dengan anggaran kas.

Baca juga: Pasca-penangkapan Lukas Enembe, Frans Pekey: Warga Kota Jayapura Jangan Terprovokasi Isu Hoaks

Pantauan Tribun-Papua.com Kamis (12/1/2023), penyerahan DPA tersebut berlangsung di Aula Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Entrop, Distrik Jayapura Selatan. 

"Pada hari ini kita melakukan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) setelah kita melewati rangkaian proses penetapan, mulai dari penyusunan rencana kerja, serta rencana anggaran dan belanja," katanya. 

Frans juga mengaku senang karena dalam kesempatan penyerahan DPA tersebut, semua pimpinan OPD dapat hadir. 

"Kehadiran kita semua menunjukkan komitmen bersama kita sebagai warga Kota Jayapura, dalam mewujudkan pembangunan di bumi Port Numbay," tandasnya. 

Melalui kesempatan tersebut, Frans mengaku bersyukur karena pengguna anggaran di Kota Jayapura bertambah, yakni dengan hadirnya kewenangan pengelolaan SMA dan SMK dikembalikan ke daerah. 

Baca juga: Rajut Kerukunan, Frans Pekey Ajak Warga Kota Jayapura Tingkatkan Moderasi Beragama

"Pada kesempatan ini pula, kita bisa melihat bapak ibu kepala sekolah SMA dan SMK hadir bersama dengan kita dalam penyerahan DPA," terang Frans. 

Lelaki berkacamata itu menyebutkan, penyerahan DPA kali ini merupakan suatu siklus keuangan daerah. 

"Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kota Jayapura Nomor 21 tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, dan Peraturan Wali Kota Jayapura Nomor 88 tahun 2022 tentang Penjabaran APBD Kota Jayapura Tahun Anggaran 2023," jelasnya. 

Baca juga: Frans Pekey Minta Warga Tidak Euforia Berlebihan Sambut Malam Pergantian Tahun

Ia mengatakan, DPA yang diserahkan kali ini kepada seluruh pengguna anggaran dan juga barang. 

"Serta merupakan dokumen yang memuat tentang pendapatan dan belanja setiap OPD dan juga unit-unit kerja, lalu digunakan sebagai dasar pelaksanaan program dan kegiatan selama tahun anggaran 2023," paparnya. 

Ia menegaskan tentunya DPA tersebut, menjadi acuan teknis bagi semua pihak sebagai pengelola dalam pengelolaan keuangan daerah, sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. 

Baca juga: Evaluasi Penanganan Covid-19, Frans Pekey Minta Warga Kota Jayapura Taati Prokes

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved