Pasar Youtefa Terbakar

Ringankan Pedagang, Pemkot Jayapura Akan Berikan Bantuan Korban Kebakaran Pasar Youtefa Abepura 

Kami akan memberikan bantuan berupa bahan bangunan senilai Rp 10 juta per kios, untuk meringankan beban para pedagang

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com
MENINJAU - Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey saat meninjau lokasi kebakaran di Pasar Youtefa Abepura, Kota Jayapura, Papua beberapa waktu lalu, Selasa (17/1/2023).  

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura akan memberikan bantuan berupa bahan bangunan bagi kios senilai RP 10 juta. 

Hal itu disampaikan Penjabat Wali Kota Jayapura kepada awak media, termasuk Tribun-Papua.com di Abepura, Selasa (17/1/2023). 

Baca juga: BREAKING NEWS: Rumah Dinas Kapolda Papua Terbakar

Baca juga: Ini Seruan Penjabat Wali Kota Jayapura saat Kerja Bakti di Lokasi Kebakaran Pasar Youtefa

"Pertama kami akan memberikan bantuan berupa bahan bangunan senilai Rp 10 juta per kios, untuk meringankan beban selanjutnya nanti para pedagang yang akan membangunnya," terang Frans. 

Orang nomor satu di ibu kota Provinsi Papua itu mengatakan untuk los, pihaknya akan menyiapkan desain dan melakukan pembangunan kembali bekerjasama dengan Kodim 1701 Jayapura. 

"Harapan saya bahwa semua proses ini haru dapat selesai dalam minggu depan, baik itu proses desainnya, pencairan uang, membelanjakan bahan bangunan, dan harapan kita semua berjalan lancar," ujarnya. 

Frans mengatakan apabila pembangunan telah selesai atau dirampungkan, maka para pedagang bisa tempati kembali dan melakukan aktivitas ekonomi secara normal. 

"Mungkin dalam seminggu bisa jadi, kecuali memang kios, tetapi kalau los saya kira 1 atau 2 hari ke depan bisa dirampungkan," pungkasnya. 

Baca juga: Satu Jam lebih Si Jago Merah Kuasai Puluhan Lapak di Pasar Youtefa Abepura

Ia juga mengatakan, kepada warga Kota Jayapura khususnya para pedagang di Pasar Youtefa agar dapat lebih berhati-hati saat menyambung aliran listrik. 

"Supaya tidak menimbulkan api dan harus bertanggung jawab untuk mengamankan barang-narang kita, supaya terlepas dari ludes karna terbakar juga terhindar dari maraknya pencurian," imbau Frans. 

Kemudian, pihaknya meminta masyarakat menjaga ketertiban dan kebersihan guna menarik pengunjung atau pemberi untuk datang ke Pasar Youtefa Abepura. 

Baca juga: Kebakaran Pasar Youtefa Jayapura Diduga Akibat Hubungan Arus Pendek

"Karena kalau bersih pasti orang datang mau berbelanja, tetapi kalau sudah kotor maka orang juga pasti akan memilih ke pasar modern atau mall," tuturnya.

Sekadar diketahui, seratusan lapak pedagang di Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, terbakar pada Sabtu (7/1/2023) pagi. Kerugian ditaksir milyaran rupiah akibat kebakaran hebat tersebut. (*) 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved