Info Jayapura

Paguyuban Pasundan Papua Beri 2 Tokoh OAP Ini Gelar Kehormatan: Dinilai Berkarisma

Dua tokoh yang mendapat gelar kehormatan ialah Willem Frans Ansanay dan  Ondo Yanto Khomlay Eluay.

istimewa
JAYAPURA TERKINI - Willem Frans Ansanay dan Ondo Yanto Khomlay Eluay diberikan gelar kehormatan dari Pengurus Paguyuban Pasundan Papua di Kawasan Hawai, Sentani, Kabupaten Jayapura beberapa waktu lalu, Kamis (19/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dinilai menjadi sosok-sosok yang karismatik dan jiwa sosial tinggi, Paguyuban Pasundan Papua memberikan gelar kehormatan kepada 2 tokoh asli Papua di Jayapura.

Ketua Paguyuban Pasundan Provinsi Papua, Irianto Pawika kepada Tribun-Papua.com Kamis (19/1/2023) mengatakan, 2 tokoh tersebut ialah Willem Frans Ansanay dan  Ondo Yanto Khomlay Eluay.

"Pak Frans Ansanay dan Pak Yanto Eluay adalah tokoh Papua yang hebat, kami sangat bangga dan senang," tuturnya.

Baca juga: Yanto Eluay Ajak Masyarakat Papua Jaga Kedamaian Pasca-penangkapan Lukas Enembe

Dikatakan Irianto, setelah mendapatkan gelar kehormatan keduanya telah menjadi keluarga besar dan warga kehormatan Paguyuban Pasundan Provinsi Papua.

"Nantinya ke depan kalau kami ada rapat atau pertemuan paguyuban pasundan kami akan mengundang Pak Frans dan Pak Yanto," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Irianto mengatakan dengan masukan kedua tokoh tersebut ke dalam keluarga Pasundan Papua, maka diharapkan akan selalu saling menjaga, hidup rukun dan saling menghargai.

"Terlebih Pak Yanto Eluay sebagai ondo besar sudah bisa hadir di sini dan bertemu langsung, sangat luar biasa," ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan terimakasih  atas bantuan Frans Ansanay dalam pembangunan padepokan bagi Paguyuban Pasundan di Papua.

"Bantuan tersebut adalah stimulus dan modal awal bagi kami untuk membangun Padepokan Paguyuban Pasundan di Hawai Sentani," ujarnya.

Di lain sisi, usai diberi gelar kehormatan, Frans Ansanay menyampaikan terimakasih atas kesempatan dan kehormatan besar yang diberikan kepadanya.

"Sebagai warga kehormatan dan keluarga besar Paguyuban Pasundan di Papua, semoga silaturahmi ini tetap terjaga serta memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat di Papua," harapnya.

Baca juga: Ini Pesan Ketua Paguyuban Pasundan di Papua untuk Generasi Milenial Memaknai Lahirnya Pancasila

Ia mengatakan lebih berfokus membantu pembangunan padepokan bagi warga Paguyuban Pasundan di Papua.

Sementara itu, Ondo Yanto Khomlay Eluay yang juga ikut diberikan gelar kehormatan menyampaikan secara pribadi ia bersyukur bisa menjadi bagian dari keluarga besar Paguyuban Pasundan.

"Sebagai ondofolo pemilik hak ulayat di tanah Tabi, mari kita terus menjaga silahturami ini," ajaknya.

Ia menyadari menjadi salah satu tokoh adat di Tanah Tabi, sudah sejatinya menjalankan tugas dan kewajiban untuk memberikan rasa aman kepada warga masyarakat Paguyuban Pasundan yang ada di Papua.

"Saya juga akan mendukung semua kegiatan Paguyuban Pasundan, karena Obhe dan rumah saya sangat terbuka untuk masyarakat Paguyuban Pasundan serta masyarakat Nusantara lainnya," pungkasnya.

Sekadar diketahui, turut hadir dalam acara pemberian gelar kehormatan tersebut yakni sesepuh dan tokoh masyarakat Pasundan di Papua, Pepe Asep Rubadiana, Ketua DPRD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua, Ali Kabiay, dan Tokoh Papua, Daud Rumaropen. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved