HUT ke 121 Merauke

Meriahkan HUT ke-121 Merauke, Pemkab Gelar Pameran dan Sejumlah Lomba

Thomas Kimko mengatakan untuk penyelenggaraan kegiatan HUT Merauke nantinya bakal diselenggarakan oleh panitia yang telah terbentuk.

Penulis: Syarif Jimar | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Syarif Jimar
Lomba panah tradisional bagi orang asli Papua menjadi lomba rutin setiap peringatan HUT Kabupaten Merauke, Papua Selatan. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Sharif Jimar

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE – Pemerintah Kabupaten Merauke menyiapkan sejumlah kegiatan dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-121 Kabupaten Merauke pada Februari mendatang.

Ketua panitia HUT Merauke, Thomas Kimko mengatakan untuk penyelenggaraan kegiatan HUT Merauke nantinya bakal diselenggarakan oleh panitia yang telah terbentuk.

"Kepanitiaan sudah terbentuk dan dilengkapi dengan 13 seksi yang akan mendukung pelaksanaan perayaan HUT Merauke," kata Thomas.

Baca juga: Cuaca Merauke Hari ini, Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir

Panitia yang dibentuk, kata Thomas bakal menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti Pameran UMKM, Pawai Budaya serta sejumlah pertandingan olahraga.

"Panitia sekarang menyusun jadwal kegiatan seperti olahraga dan lain lain termasuk pawai budaya yang akan diadakan oleh panitia melaui seksi-seksi akan mempersiapkan," ujarnya.

 

 

Nantinya, kata Thomas Kimko, penyelenggaraan pameran dan hiburan masyarakat digelar mulai tanggal 1 sampai 12 Februari mendatang.

Untuk pawai budaya, nantinya juga bakal digelar berdasarkan entis masing masing, sehingga tidak ada lagi pawai yang dilakukan oleh masing masing instasi maupun organisasi.

"Pawai budaya tanggal 9 Februari 2023. Pawai budaya ada spesifikasi lebih ke nuansa budaya. Oleh karena itu, instansi pemerintah akan berbaur bersama etnis yang ada, jadi kita tidak turun membawa nama dinas namun lebih ke etnis daerah," kata Thomas.

Baca juga: Berkat Laporan Warga, Produsen Miras Lokal di Merauke Papua Selatan Digerebek Polisi

Untuk acara lomba, dari sejumlah lomba yang digelar, panitia juga menggelar lomba olahraga tradisional bagi warga asli Papua seperti lomba panah tradisional dan lomba dayung tradisional.

"Lomba panah akan dibagi beberapa titik di basis orang asli papua," ujarnya.

Selain lomba tradisional, turut digelar sejumlah lomba lainnya seperti pertandingan sepakbola antar kelurahan, balap motor, pacuan kuda tradisional, lomba yospan serta lomba menembak.

Sekadar diketahui, HUT Kabupaten Merauke diperingati setiap tanggal 12 Februari, sejumlah kegiatan menjadi agenda rutin yang disiapkan Pemerintah Daerah Merauke untuk menyemarakkan HUT Kabupaten Merauke yang saat ini menjadi ibu kota Provinsi Papua Selatan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved