Info Jayapura

Marak Isu Penculikan Anak di Kota Sentani, Triwarno Purnomo: Ada yang Mencurigakan Segera Melapor!

Triwarno mengatakan, kepada masyarakat untuk terus bersama-sama untuk memperhatikan dan menjaga keamanan maupun ketertiban masing-masing lingkungan.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari.

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Menanggapi maraknya isu penculikan anak di Kota, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo mengatakan, masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi namun tetap waspada, Kamis (26/1/2023).

Triwarno mengatakan, kepada masyarakat untuk terus bersama-sama untuk memperhatikan dan menjaga keamanan maupun ketertiban masing-masing lingkungan yang ada.

Baca juga: Isu Penculikan Anak Marak di Papua, Polisi: Masyarakat Jangan Khawatir Berlebihan!

"Apabila ada hal-hal yang mencurigakan, seperti orang tidak dikenal atau orang yang dianggap asing dalam lingkungan sekitar maka itu bisa dilaporkan ke pihak berwajib," kata Triwarno kepada Tribun-Papua.com, di Sentani.

Menurutnya, keamanan menjadi tanggung jawab bersama untuk seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura.

 

 

"Untuk itu, diharapkan agar jajaran distrik, lurah hingga kepala kampung harus aktif melihat dan menjaga lingkungannya," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengapresiasi Polres Jayapura yang telah menyikapi isu tersebut dan mengeluarkan himbauan kepada masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Jayapura, kami sangat mensupport dan apresiasi atas edaran maupun imbauan yang sudah dikeluarkan oleh Polres Jayapura," pungkasnya.

Baca juga: Isu Penculikan Anak Laris di Tanah Papua, Seorang Perempuan Dibakar: Warga Jangan Terprovokasi!

Sebelumnya, sehubung dengan maraknya isu penculikan anak, Polres Jayapura telah mengeluarkan himbauan.

Dalam imbauan itu, Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Maclarimboen meminta agar masyarakat tidak perlu takut ataupun sedih yang berlebihan, namun tetap meningkatkan pengawasan lingkungan dengan mengaktifkan siskamling.

Selain dia juga meminta agar masyarakat tidak mudah percaya sebelum mengetahui fakta atau kebenaran. Namun tetap memberikan pemahaman terhadap anak, agar tidak mudah terpengaruh terhadap orang yang tidak dikenal.

"Perlu ada pengawasan oleh orang tua ketika anak berada diluar rumah dan tidak menggunakan barang mewah ataupun mencolok," kata Fredrickus dalam imbauan tersebut.

Dia juga meminta agar para orang tua untuk terus mengingatkan anak agar tidak sendirian atau terpisah dari orang tua maupun guru agar tetap menunggu jemputan apabila berada di dalam pekarangan sekolah.

"Apabila ada orang yang mencurigakan, maka sebaiknya dilaporkan ke petugas Kepolisian terdekat atau menghubungi layanan call center Polres Jayapura 0811481112. Jangan main hakim sendiri karena akan merugikan diri dan orang lain," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved