Info Mimika

Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73, Agus Sofani: Momentum Peningkatan Pelayanan Publik

Beriringan dengan pelayanan publik berbasis teknologi juga dilakukan penegakan hukum guna  memberikan kepastian kepada masyarakat.

Tribun-Papua.com/ Marcel
Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, Kamis (26/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, Mohamad Agus Sofani mengatakan, terdapat banyak harapan dalam momentum Hari Bhakti Imigrasi ke-73.

Satu di antaranya, yang dimohonkan Presiden Republik Indonesia di mana Imigrasi harus bangkit menuju Indonesia lebih maju.

Hal itu disampaikan Sofani Agus saat Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, Kamis (26/1/2023) yang diikuti seluruh pegawai.

"Artinya penekanan kepada peningkatan pelayanan publik diiringi dan disertai oleh pengembangan telnologi dalam rangka memudahkan pelayanan kepada masyarakat dan mudah dijangkau, dan mudah diterima publik," ungkap Mohamad Agus Sofani kepada Tribun-Papua.com di Timika.

Ia mengatakan, beriringan dengan pelayanan publik berbasis teknologi juga dilakukan penegakan hukum guna  memastikan kepada masyarakat bahwa, khusus untuk paspor diajukan waktunya hanya tiga hari.

"Jadi tiga hari itu wajib hukummnya harus jadi baik pelayanan terhadap dan warga Indonesia dan asing," ucapnya.

Lanjutnya, Imigrasi juga dituntut untuk melakukan inovasi pelayanan dengan tujuan peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Jadi ketika PNBP naik maka Direktor Jenderal Imigrasi dalam kurun waktu yang amat sangat sulit dimasa pandemi sudah mencapai angka Rp 4,3 triliun."

Dengan inovasi dalam bentuk digitalisasi dan penegakan hukum sehingga bisa tercapai.

Baca juga: Hari Bhakti Imigrasi ke-73, Pemkab Mimika Harap Kualitas Pelayanan Semakin Maju

Mohamad Agus Sofani berharap di tahun 2023 ini Imigrasi lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu, dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi, Kantot Imigrasi Kelas II TPI Mimika telah melaksanakan bernagai rangkaian kegiatan diantaranya, donor darah, kerja bakti, subangsi tali asi ke panti asuhan, mendatangi tempat ibadah untuk melakukan bersih-bersih.

"Tak hanya itu, kami juga memberikan pelayanan permohonan paspor bagi warga Mimika yang hari ini berulang tahun tepat 26 Januari maka akan  diberikan apresiasi dalam bentuk pemberian paspor gratis," pungkasnya.

Sekadar diketahui upacara Hari Bhakti ke-73 Imigrasi juga dilakakukan pencanangan komitmen bersama dan penandatanganan perjanjian kinerja pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayanai (WBBM) di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika. (*)

Sumber: Tribun Papua
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved