Pemkab Jayapura

Dinas Penanaman Modal Kabupaten Jayapura Gelar Uji Publik Perizinan, Delila: Bisa Mendatangkan PAD

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Uji publik perijinan yang digelar oleh PTSP di Sentani, Kamis (24/11/2022). Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro mengatakan, kegiatan tersebut sangat memberi manfaat positif kepada pelaku usaha.

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kabupaten Jayapura menggelar forum uji publik terkait Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 6 Tahun 2018.

Adapun peraturan itu tentang pendelegasian kewenangan pelayanan dan penandatanganan perizinan dan non-perizinan.

Kepala Dinas PM-PTSP, Delila Giay menjelaskan uji publik berupa pendelegasian kewenangan yang sebelumnya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis ke PM-PTSP.

Baca juga: Warga Kabupaten Jayapura Dianjurkan Buat KTP Digital, Dukcapil: Lebih Mudah dan Cepat

Setelah adanya Undang-Undang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 yang mengatur tentang kewenangan dari setiap bidang tugas, maka pihaknya melakukan revisi.

"Kami anggap bahwa ini perlu di revisi karena ada beberapa poin di dalamnya tidak relevan lagi dengan relugasi yang baru dan telah dilakukan secara bertahap melalui rapat bersama OPD teknis," ujar Giyai di Sentani, Kamis (24/11/2022).

Ia memastikan, semua kegiatan perizinan yang diatur di PP Nomor 5 Tahun 2021 secara bertingkat menjadi kewenangan dari tingkat kementrian, DPM-PTSP Provinsi, dan kabupaten telah terintegrasi.

Baca juga: Pelaku Usaha di Kabupaten Jayapura Terkendala NPWP saat Daftar Nomor Induk Berusaha

"Jadi perizinan yang sifatnya non berusaha misalnya hanya mengeluarkan rekomendasi, surat izin baiknya dikembalikan kepada OPD," jelasnya.

Menurutnya, banyak perizinan yang masuk dan ditangani Dinas PM-PTSP.

Kini, secara langsung dialihkan ke OPD agar berfokus pada perizinan  yang mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jayapura. (*)

Berita Terkini