Beredar Hoaks Akumulasi Energi Patahan Sunda Hampir Kritis dan akan Ada Gempa 9 SR, Ini Kata BMKG

Pasca gempa bermagnitudo 6,9 mengguncang Banten, Jumat (2/8/2019), muncul informasi yang menyebut Patahan Sunda dalam kondisi hampir kritis.

Beredar Hoaks Akumulasi Energi Patahan Sunda Hampir Kritis dan akan Ada Gempa 9 SR, Ini Kata BMKG
ABCnews.
Ilustrasi gempa. 

TRIBUNPAPUA.COM - Pasca gempa bermagnitudo 6,9 mengguncang Banten, Jumat (2/8/2019) petang muncul satu informasi yang menyebut Patahan Sunda dalam kondisi hampir kritis.

Mengatasnamakan Grup Geologi ITB, pendapat itu berangkat dari serangkaian gempa yang terjadi dalam waktu dekat di sekitar Pulau Jawa, ditambah dengan erupsi Gunung Tangkuban Parahu beberapa waktu lalu.

Namun isu itu disebut hoaks oleh dua orang ahli di bidang gempabumi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan ITB.

VIDEO Warga Cianjur Berhasil Selamatkan Bayinya saat Rumah Ambruk Diguncang Gempa Banten

Narasi yang beredar

Jarak antar gempa (yang) semakin pendek dan tiba-tiba aktifnya gunung Tangkuban Perahu, bisa jadi merupakan indikasi akumulasi energi patahan Sunda (Sunda megathrust) hampir mencapai titik kritis.

Jika atas seizin Allah SWT tercapai titik tersebut, gempa yang selama ini dikhawatirkan dengan besar, 9 skala Richter, berpeluang terjadi.

Bagi Jabodetabek, yang dikhawatirkan adalah aktifnya patahan tersebut memicu pula aktivitas patahan Baribas yang memanjang dari Pasar Rebo hingga Ciputat, serta patahan Lembang di Bandung. Wallahu'alam. Persiapan diri harus dilakukan mulai sekarang.

Hoaks yang beredar pasca gempa Banten Jumat (02/08/2019)
Hoaks yang beredar pasca gempa Banten Jumat (02/08/2019) (Kompas.com)

VIDEO Detik-detik Kepanikan Warga saat Gempa di Banten, Warga Berhamburan Keluar

Penelusuran KOMPAS.com

Menanggapi kabar tersebut, Kabid Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dan ahli gempa ITB Irwan Meilano menyanggahnya.

“Hoaks itu. Siapa bisa tahu itu kritis,” ujar Daryono kepada Kompas.com ketika dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (3/8/2019).

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved